SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PERBEDAAN MODEL KOLABORATIF (TEAMS GAMES TOURNAMENT, COOPERATIVE SCRIP DAN THINK PAIR SHARE) DENGAN MIND MAPPING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 KUTOREJO KABUPATEN MOJOKERTO

niki laila sari

Abstrak


ABSTRAK

 

Laila Sari, Niki. 2018. Perbedaan Model Kolaboratif (Teams Games Tournament, Cooperative Scrip Dan Think Pair Share) Dengan Mind Mapping Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS  SMA Negeri 1 Kutorejo Kabupaten Mojokerto. Skripsi. Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Hari Wahyono, M.Pd.

 

Kata Kunci: Team Games Tourament, Cooperative Script, Think Pair Share, Mind Mapping dan Hasil Belajar

 Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya pemahaman siswa kelas XI IPS SMAN 1 Kutorejo khususnya mata pelajaran ekonomi terbukti dari rata-rata nilai ulangan harian masih di bawah KKM. Hal ini disebabkan materi yang dipelajari masih awam bagi siswa dan tidak dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu juga karena kegiatan masih menggunakan model pembelajaran yang berpusat pada guru. Dalam penelitian ini untuk mengatasi masalah di atas peneliti menggunakan model pembelajaran kolaboratif ( Teams Games Tournament, Cooperative Script dan Think Pair Share) yang akan di bandingkan dengan Model Mind Mapping, dari ketiga model pembelajaran kolaboratif mampu meningkatkan pemahaman siswa.

Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen (quasi eksperimen) yang dilakukan satu kali pertemuan di setiap kelas dengan alokasi waktu yang ditentukan. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 4 dan kelas XI IPS 1 dengan masing – masing jumlah 28 siswa dan 29 siswa. Hasil belajar yang di maksud dalam penelitian ini dapat di lihat dari nilai gain score ( perubahan nilai dari pre test dengan post test).

Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar siswa kelas XI IPS 4 dan kelas XI IPS 1 meningkat. Hal ini dapat ditunjukkan dengan perbedaan gain score  dimana kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol (30,71 > 23,10). Namun, untuk tingkat efektif dari segi waktu lebih efektif menggunakan model mind mapping dari pada menggunakan model pembelajaran kolaboratif.

Berdasarkan hasil penelitian,dapat disimpulkan bahwa dari segi ketuntasan belajar lebih efektif menggunakan model kolaboratif dibandingkan mind mapping, sedangkan dari segi waktu lebih efektif menggunakan model mind mapping dan dapat disarankan bagi guru mata pelajaran ekonomi untuk memperkirakan waktu yang digunakan model pembelajaran kolaboratif, bagi peneliti lainya dapat digunakan untuk penelitian yang serupa ataupun untuk penelitian aspek lainnya.

 

ABSTRACT

 

Laila Sari, Niki. 2018. Perbedaan Model Kolaboratif (Teams Games Tournament, Cooperative Scrip Dan Think Pair Share) Dengan Mind Mapping Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS  SMA Negeri 1 Kutorejo Kabupaten Mojokerto. Skripsi. Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Hari Wahyono, M.Pd.

 

Keywords: Team Games Tournaments, Cooperative Scripts, Think Pair Share, Mind Mapping and Student Learning Outcomes

This research is based on the lack of understanding of the students of class XI IPS SMAN 1 Kutorejo especially economic subjects proven from the average daily test score is still under KKM. This is because the material being studied is still common to students and not in everyday life. In addition, the activities are still using teacher-centered learning model. In this study to solve the above problems researchers use collaborative learning model (Teams Games Tournament, Cooperative Script and Think Pair Share) which will be compared with Model Mind Mapping, from the three models of collaborative learning can improve students' understanding.

This research uses quantitative approach method of research type used is experiment (quasi experiment) which conducted one meeting in each class with specified time allocation. Subjects used in this study were students of class XI IPS 4 and class XI IPS 1 with each - each number of 28 students and 29 students. Learning outcomes in the intent of this study can be seen from the value of gain score (change the value of pre test with post test).

The results showed that the results of student learning class XI IPS 4 and class XI IPS 1 increased. This can be demonstrated by the difference in gain score where the experimental class is higher than the control class (30,71> 23,10). However, for the effective level of time is more effective using the mind mapping model rather than using a collaborative learning model.

Based on the results of the study, it can be concluded that in terms of mastery learning more effectively using a collaborative model than mind mapping, while in terms of time more effectively using the mind mapping model and can be recommended for economic subjects teachers to estimate the time used model of collaborative learning, for other researchers can be used for similar research or for other aspects of research.