SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Trend Keputusan Belanja Online Mahasiswa Fakultas Ekonomi UM Angkatan 2014

Inggarani Ulfa Yovirizka

Abstrak


ABSTRAK

 

Yovirizka, Inggarani Ulfa. 2018. Trend Keputusan Belanja Online Mahasiswa Fakultas Ekonomi UM Angkatan 2014. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Prof. Dr. Wahjoedi, M.E.

Kata Kunci: Tren, Keputusan Konsumen, Belanja Online, Mahasiswa.

 

Perubahan dan perkembangan tren dibantu oleh perkembangan teknologi informasi yang semakin canggih, salah satunya adalah internet. Internet digunakan untuk pencarian barang dan jasa yang bisa disebut dengan belanja online. Mahasiswa saat ini merupakan generasi milenial yang memang melek akan internet. Mahasiswa yang merupakan generasi millenials dan menjadikan internet sebagai kebutuhan mutlaknya. Maka dari itu peneliti ingin menganalisis bagaimana trend keputusan belanja online yang terjadi di kalangan Mahasiswa FE UM Angkatan 2014.

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui trend  belanja online yang terjadi di Mahasiswa Fakultas Ekonomi UM angkatan 2014. (2) Mengetahui hal yang mendasari keputusan belanja online Mahasiswa Fakultas Ekonomi  UM angkatan 2014. (3) Mengetahui permasalahan-permasalahan dalam belanja online yang dialami Mahasiswa Fakultas Ekonomi  UM angkatan 2014.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang dipilih berdasarkan pertimbangan peneliti. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Trend  memang sedang terjadi di kalangan mahasiswa FE UM 2014 yaitu disukai karena adanya kemudahan dan terbukti dari intensitas yang tinggi mencapai dua hingga lima kali, mereka mengikuti trend dengan mengikuti apa yang teman-temannya gunakan serta mengikuti trendsetter.(2) Hal yang  mendasari mahasiswa memilih belanja online adalah adanya pengenalan kebutuhan, pencarian informasi, evaluasi alternatif, pembelian, dan hasil pembelian. (3) Permasalahan yang dialami mahasiswa adalah barang yang diterima tidak sesuai dengan gambar dan keterangan, lambatnya respon penjual, dan lambatnya pengiriman barang.

Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang diberikan kepada mahasiswa adalah mahasiswa harus lebih berhati-hati dalam melakukan transaksi belanja di online shop. Memilih dan membandingkan online shop dengan yang lainnya demi menghindari penipuan dan kekecewaan.