SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh IQ, Minat Belajar, dan Literasi Ekonomi terhadap Kemampuan Manajemen Uang Saku Siswa Kelas XI IPS SMAN 2 Malang Tahun Ajaran 2017/2018

Nikmatul Chasanah

Abstrak


ABSTRAK

 

Nikmatul Chasanah. 2018. Pengaruh IQ, Minat Belajar, dan Literasi Ekonomi terhadap Kemampuan Manajemen Uang Saku Siswa Kelas XI IPS SMAN 2 Malang Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi. Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Hari Wahyono, M.Pd.

 

Kata Kunci: IQ, minat belajar, literasi ekonomi, kemampuan manajemen uang saku

Kecerdasan intelektual (IQ) merupakan bekal kecerdasan yang harus terus dikembangkan bersamaan dengan minat belajar yang dimiliki seorang siswa begitu pula dengan literasi ekonomi yang telah diterapkan sejak duduk di bangku sekolah. Hal ini bertujuan agar siswa dapat memahami konsep-konsep ekonomi dan dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari dengan mudah salah satunya dalam mengembangkan kemampuan manajemen uang saku. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh IQ terhadap kemampuan manajemen uang saku siswa, (2) mengetahui pengaruh minat belajar terhadap kemampuan manajemen uang saku siswa, menetahui pengaruh literasi ekonomi terhadap kemampuan manajemen uang saku siswa, dan (4) mengetahui pengaruh IQ, minat belajar, dan literasi ekonomi terhadap kemampuan manajemen uang saku siswa kelas XI IPS SMAN 2 Malang.

Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian ekplanatori. Sumber data dalam penelitian ini berupa hasil dokumentasi tes IQ, dan jawaban dari responden yang telah mengisi kuisioner dan soal tes. Data yang diperoleh berupa data hasil tes IQ, data skor dari kuisioner, dan data skor dari tes yang diubah menjadi nilai siswa. Sampel ditentukan dengan menggunakan teknik purposive random sampling. Analisis data dilakukan dalam 4 tahap yaitu, (1) analisis deskriptif, (2) analisis infresensial, (3) analisis regresi berganda, dan (4) analisis uji hipotesis.

Berdasarkan hasil analisis data, dapat diketahui bahwa siswa-siswi SMA Negeri 2 Malang mempunyai tingkat IQ cukup tinggi dengan kategori terbanyak adalah rata-rata yaitu 70,15. Siswa memiliki minat belajar yang tinggi dengan kategori terbanyak cukup yaitu sebesar 58,2%.  Siswa memiliki literasi ekonomi yang cukup baik dengan perolehan sebanyak 53,7. Untuk kemampuan manajemen uang saku, siswa memiliki kemampuan manajemen uang saku yang baik dengan kategori cukup, 40,3% memiliki kemampuan manajemen uang saku tinggi, dan 41,8% siswa memiliki kemampuan manajemen uang saku sangat tinggi. Jadi dapat disimpulkan bahwa IQ siswa yang dimiliki adalah rata-rata dan rata-rata atas karena angka yang paling banyak muncul pada tingkat IQ adalah rata-rata. Dan hasil uji hipotesis didapat pada uji t yang menunjukkan bahwa terhadap pengaruh secara parsial variabel IQ, minat belajar, dan literasi ekonomi terhadap kemampuan manajemen uang saku. Berdasarkan hasil uji F diketahui bahwa setiap variabel yaitu variabel IQ, minat belajar, dan literasi ekonomi memiliki pengaruh secara bersama-sama terhadap kemampuan manajemen uang saku.

Kesimpulan umum penelitian ini adalah terdapat pengaruh secara signifikan pada setiap variabel independen (IQ, minat belajar, dan literasi ekonomi) terhadap variabel dependen kemampuan manajemen uang saku siswa. Dan terdapat pengaruh secara simultan atau bersama-sama variavel IQ, minat belajar, dan literasi ekonomi siswa terhadap kemampuan manajemen uang saku siswa. Bertitik tolak pada penelitian ini, dapat diajukan saranagar guru yang mengampu mata pelajaran ekonomi agar dapat lebih memotivasi siswa agar memiliki minat belajar ekonomi yang tinggi serta memberikan pembelajaran yang dapat meningkatkan literasi ekonomi siswa sehingga siswa memiliki kemampuan manajemen uang saku yang tinggi karena kemampuan manajemen uang saku yang baik dapat menjadi bekal bagi siswa dimasa depan dalam mengelola keuangannya, bagi orang tua yaitu sebagai tambahan informasi bagi orang tua agar terus mendukung anaknya untuk selalu belajar dengan giat terutama dalam memahami ekonomi karena didalam kehidupan sehari-hari siswa tidak luput dari kehidupan berekonomi termasuk dalam mengelola uang saku yang diberikan, dan bagi peneliti selanjutnya yaitu bahwa hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan referensi dan pertimbangan untuk melakukan penelitian yang berkaitan dengan kemampuan manajemen uang saku karena faktor yang mempengaruhi tingkat kemampuan manajemen uang saku siswa tidak hanya berasal dari tingkat IQ, minat belajar, dan literasi ekonomi siswa.