SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Efektivitas Metode Pembelajaran Team Game Tournament dan Metode Pembelajaran Group Investigation Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang Semester Ganjil 2017

winda fauziah

Abstrak


ABSTRAK

 

Fauziah, Winda. 2018. Efektivitas Metode Pembelajaran Team Game Tournament dan Metode Pembelajaran Group Investigation Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang Semester Ganjil 2017. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. Prih Hardinto, M.Si.

 

Kata Kunci:Metode Pembelajaran Team Game Tournament, Metode Pembelajaran Group Investigation dan Hasil Belajar Siswa.

Hasil belajar siswa pada kelas XI IPS 1 dan XI IPS 4 SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang masih tergolong rendah. Hal ini dibuktikan dengan nilai ulangan terakhir siswa yang masih kurang. Hal ini disebabkan karena siswa kurang aktif dalam pembelajaran dan siswa bosan dalam mengikuti pembelajaran. Sebagai upaya untuk mengatasi masalah tersebut, guru dapat menerapkan pembelajaran kooperatif. Metode pembelajaran yang diterapkan dalam penelitian ini adalah metode pembelajaranTeam Game Tournament dan Metode Pembelajaran Group Investigation.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan metode pembelajaran team game tournament dan group investigation terhadap hasil belajar ekonomi siswa. Hasil belajar yang diukur dalam peneitian ini hanya terbatas pada ranah kognitif.

Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi experiment) desain nonequivalent control group desaign dengan pretest-posttest. Subyek penelitian ini terdiri dari dua kelas. Kelas XI IPS 4 sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan dengan metode team game tournament. Kelas XI IPS 1 sebagai kelas kontrol yang diberi perlakuan dengan metode group investigation.

Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa rata-rata hasil belajar yang ditunjukkan dari rata-rata posttest dan gain score siswa menunjukkan perbedaan yang signifikan. Hasil uji hipotesis terhadap posttest terdapat signifikansi 0,016 0,05. Hasil uji hipotesis terhadap gain score terhadap signifikansi 0,047  0,05 yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar ekonomi siswa yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran team game tourna-ment dan group investigation. Nilai posttest dan gain score siswa yang diajar menggunakan metode pembelajaran team game tournament