SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Perbedaan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dan Think Pair Share (TPS) pada Mata Pelajaran Ekonomi Bisnis Kelas XI di SMK PGRI 6 Malang Tahun Ajaran 2017/2018

Binti Nur Janah

Abstrak


ABSTRAK

 

Janah, Binti Nur. 2018. Perbedaan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dan Think Pair Share (TPS) pada Mata Pelajaran Ekonomi Bisnis Kelas XI di SMK PGRI 6 Malang Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1)   Drs. Ir. Yohanes Hadi S., M.Div., M.Si

 

Kata Kunci: Student Teams Achievement Division (STAD), Think Pair Share (TPS), Hasilbelajar

Hasil belajar siswa pada kelas XI SMK PGRI 6 Malang masih tergolong rendah, hal ini dibuktikan dengan nilai Ulangan Harian (UH)  terakhir siswa yang masih banyak di bawah Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Guru sebenarnya sudah mengombinasikan pembelajaran berbasis ceramah dan diskusi, namun pembelajaran yang diterapkan masih sangat sederhana dan belum terlihat struktur yang jelas dalam penggunaan model pembelajaran yang digunakan. Penerapan model pembelajaran yang masih sederhana tersebut menyebabkan siswa belum sepenuhnya mengikuti proses pembelajaran dengan baik. Pada saat diskusi berlangsung, terlihat yang mengerjakan tugas kelompok didominasi oleh siswa yang memiliki kemampuan tinggi. Permasalahan tersebut yang membuat siswa tidak memahami dengan baik materi yang disampaikan oleh guru, sehingga ketika diberikan soal atau tes, siswa tidak dapat menjawab soal dengan baik dan pada akhirnya mengakibatkan hasil belajarnya rendah.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dan Think Pair Share (TPS). Hasil belajar yang diukur dalam penelitian ini hanya terbatas pada ranah kognitif. Setelah mengetahui perbedaan hasil belajar dengan perlakuan berbeda, dapat diketahui model pembelajaran kooperatif yang lebih efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi experiment) desain non-equivalent control group design dengan pre-test dan post-test. Subyek penelitian ini terdiri dari dua kelas. Kelas XI-PM dipilih sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD). Kelas XI-APK dipilih sebagai kelas kontrol yang diberi perlakuan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS).

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa yang ditunjukkan dari rata-rata gain score menunjukkan perbedaan yang signifikan. Hasil gain score menunjukkan selisih nilai antara pre-test dan post-test. Hasil uji hipotesis gain score terdapat signifikansi  0,015 < 0,05 yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar ekonomi siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dan Think Pair Share (TPS).

Saran dalam penelitian ini diantaranya: (1) Bagi kepala sekolah hendaknya mengadakan lokakarya dan workshop  tentang model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) yang ditujukan kepada guru-guru di SMK PGRI 6 Malang. Selain itu, kepala sekolah hendaknya menyarankan kepada para guru agar menerapkan model pembelajaran tersebut agar pemahaman dan penguasaan materi setiap siswa baik dan hasil belajarnya juga meningkat. (2) Bagi guru mata pelajaran ekonomi bisnis hendaknya menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) sebagai alternative penggunaan model pembelajaran di dalam kelas serta diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model tersebut, (3) Bagi peneliti selanjutnya apabila menginginkan untuk meneliti lebih lanjut dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dalam pembelajaran, hendaknya dapat mengembangkan dampak pembelajaran yang positif selain hasil belajar siswa.