SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Pengaruh PDRB, Jumlah Unit Usaha, Dan Upah Minimum Terhadap Penyerapan Tenaga Kerja Sektor UMKM Di Provinsi Jawa Timur Tahun 2015

Muchammad Abdul Ghofur

Abstrak


ABSTRAK

Ghofur, Muchammad Abdul. 2017. Analisis Pengaruh PDRB, Jumlah Unit Usaha, Dan Upah Minimum Terhadap Penyerapan Tenaga Kerja Sektor UMKM Di Provinsi Jawa Timur Tahun 2015. Skripsi. Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Grisvia Agustin, S.E., M.Sc.

 

Kata Kunci: PDRB, jumlah unit usaha, upah minimum, penyerapan tenaga kerja, pembangunan ekonomi.

 

Pembangunan ekonomi yang mengarah pada sektor usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dapat dijadikan sebagai motor penggerak pertumbuhan ekonomi dan juga dalam menyediakan lapangan pekerjaan bagi penduduk, mengingat pasca krisis moneter pada tahun 1997-1998 di saat perusahaan-perusahaan besar mengalami kesulitan dalam mengembangkan usahanya, UMKM turut berkontribusi dalam peningkatan nilai PDB dan memiliki kemampuan menyerap tenaga kerja tinggi hingga saat ini. Oleh sebab itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh PDRB, jumlah unit usaha, dan upah minimum terhadap penyerapan tenaga kerja sektor UMKM di Provinsi Jawa Timur.

Penelitian ini menggunakan data Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Provinsi Jawa Timur 2015, Jumlah Unit Usaha UMKM tahun 2015, Upah Minimum Provinsi Jawa Timur tahun 2015, dan jumlah tenaga kerja sektor UMKM pada tahun 2015. Data tersebut adalah data sekunder yang diperoleh pada badan pusat statistik Provinsi Jawa Timur, dan dinas koperasi, usaha kecil dan menengah Provinsi Jawa Timur, serta pada instansi terkait yang telah tersedia.    

Penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis statistika deskriptif untuk menggambarkan fakta tentang suatu keadaan yang terjadi. Model analisis data yang digunakan menggunakan model regresi linear berganda, analisis regresi linear berganda untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh antara variabel bebas terhadap veriabel terikat. Populasi & sampel penelitian adalah 38 Kabupaten/Kota, dengan rincian 29 kabupaten dan 9 kota yang ada di Provinsi Jawa Timur. Penelitian dilakukan dengan seluruh populasi yang ada. Teknik analisis data dengan cara dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini sebagai berikut: (1) Analisis statistika deskriptif, (2) Uji asumsi klasik, (3) Analisis regresi linear berganda, (4) Uji t, (5) Uji F, dan (6) Uji Koefisien determinasi (R2) dengan bantuan program aplikasi SPSS 16.00 for windows.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai produk domestik regional bruto (PDRB), jumlah unit usaha, dan upah minimum mempunyai pengaruh yang positif signifikan baik secara parsial maupun simultan. Variabel jumlah unit usaha mempunyai pengaruh yang paling signifikan terhadap penyerapan tenaga kerja.

Saran bagi Pemerintah Daerah dan Provinsi, hendakanya pemerintah lebih meningkatkan ketiga aspek ini yakni PDRB, jumlah unit usaha dan upah minimum suatu daerah agar banyak tenaga kerja yang mampu diserap oleh sektor usaha khususnya UMKM. Dengan begitu maka kesejahteraan masyarakat akan meningkat dan mengurangi jumlah pengangguran yang ada di setiap daerah serta diberdayakan dan dibina secara berkelanjutan.