SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN PEMBANGUNAN EKOWISATA KOPI ORGANIK DESA AMADANOM KECAMATAN DAMPIT KABUPATEN MALANG

badru sulaiman sulaiman

Abstrak


Abstrak

 

Di Desa Amadanom Kecamatan Dampit Kabupaten Malang, terdapat destinasi wisata di bidang agrowisata yang dikonsep dengan model ekowisata. Letaknya di pinggir jalur utama Tur Amtirdam (Turen-Ampelgading-Tirtoyudo-Dampit). Ekowisata ini diberi nama Ekowisata Kebun Kopi Amadanom yang sudah siap menyuguhkan potensinya dalam hal pertanian dan pengolahan kopi bagi wisatawan. Ekowisata ini suatu perwujudan dari kelompok Tani Harapan yang menawarkan konsep menanam tanaman kopi dari hulu sampai hilir dan sebagai tempat edukasi kepada masyarakat yang akan melakukan kegiatan berwisata sambil belajar.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pengembangan pembangunan yang diberikan untuk program Ekowisata Kebun Kopi Amadanom itu sendiri dan manfaat dari program tersebut. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Data yang digunakan merupakan data primer dari para petani Kelompok Tani Harapan dan masyarakat sekitar yang terlibat dalam pembangunan ekowisata yang didapatkan secara faktual melalui observasi, wawancara mendalam dan kuisioner.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam proses pengembangan ekowisata kopi organik terdapat aspek-aspek pengembangan ekowisata kopi organik yang sudah dilakukan yaitu berupa tahap perencanaan, pemanfaatan dan pengendalian. Dan Ekowisata kopi organik Desa Amadanom adalah suatu konsep yang baru, sehingga dalam upaya pengembangan yang dilakukan akan berjalan dengan baik dan sesuai dengan prinsip-prinsip pengembangan ekowisata. Beberapa prinsip yang dijalankan di ekowisata kopi organik ini adalah konservasi, pendidikan, pariwisata, ekonomi, dan partisipasi masyarakat.