SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Minat Belajar dan Ketersediaan Sumber Belajar Terhadap hasil belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi kelas XI-IIs SMA Negeri I Kepanjen Kab Malang

mifta azis mashuri

Abstrak


Abstrak

 

Hasil belajar merupakan hasil dari sebuah proses yang didapat dari belajar siswa dalam waktu yang ditentukan oleh pihak sekolah. Hasil belajar dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu faktor intern dan faktor ekstern. Minat belajar dan ketersediaan sumber belajar di rumah. Permasalahan di SMA Negeri I Kepanjen Kab. Malang yaitu ada sebagian siswa ada yang memiliki minat belajar yang rendah, sehingga minat belajar siswa yang rendah ini dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Selain itu, terdapat sebagian siswa yang tidak mempunyai sumber belajar untuk kegiatan belajar siswa.

            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI-IIS di SMA Negeri I Kepanjen Kab. Malang (2) pengaruh ketersediaan sumber belajar dirumah terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI-IIS di SMA Negeri I Kepanjen Kab. Malang dan (3) pengaruh minat belajar dan ketersediaan sumber belajar di rumah terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI-IIS di SMA Negeri I Kepanjen Kab. Malang

            Penelitian ini menggunakan rancangan kuantitatif dan jenis penelitian eksplanatori. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI-IIS di SMA Negeri I Kepanjen Kab. Malang yang berjumlah 97 siswa. Pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan bantuan pengelolah program SPSS 16.00 for Windows.

            Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang positif  minat belajar terhadap hasil belajar siswa pada matapelajaran ekonomi kelas XI-IIS di SMA Negeri I Kepanjen Kab. Malang. (2) terdapat pengaruh yang positif ketersedian sumber belajar di rumah terhadap hasil belajar siswa pada matapelajaran ekonomi kelas XI-IIS di SMA Negeri I Kepanjen Kab. Malang.   (3) terdapat pengaruh positif antara minat belajar dan ketersediaan sumber belajar di rumah terhadap hasil belajar siswa pada matapelajaran ekonomi kelas XI-IIS di SMA Negeri I Kepanjen Kab. Malang.

            Saran yang dapat penulis berikan: (1) bagi guru, hendaknya guru dapat membuat pelajaran ekonomi menjadi lebih menarik agar siswa dapat memperhatikan pelajaran dengan senang karna itu dapat memberikan bibit-bibit minat terhadap siswa, (2) bagi peneliti lain, jika melakukan sebuah penelitian hendaknya ditambah jumlah variabelnya agar dapat menambah pengetahuan tentang faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa.