SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH PEMBERIAN KREDIT MODAL KERJA DAN TINGKAT PENGGUNAAN TEKNOLOGI TERHADAP KINERJA UMKM KOTA MALANG

Mochammad Hendra Setyawan

Abstrak


ABSTRAK

Setyawan  Mochammad, Hendra. 2017. Pengaruh Pemberian Kredit Modal Kerja, Dan Tingkat Penggunaan Teknologi Terhadap Kinerja UMKM Kota Malang. Skripsi, Jurusan Ekonomi dan Studi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Agus Sumanto,SE, M.SA, (II) Dr.Hadi Sumarsono, ST, M,Si.

Kata kunci: Kredit Modal Kerja, Tingkat Penggunaan Teknologi, Produktivitas dan Pemasaran

Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) memiliki peranan yang sangat vital di dalam pertumbuhan dan perkembangan ekonomi di Indonesia. Selain itu juga mengatasi pengangguran yang ada di Indonesia.

Jenis dari penelitian ini adalah deskriptif explanatory. Tujuan penelitian dalam  ini adalah untuk mengetahui: pengaruh pemberian kredit modal kerja dan tingkat penggunaan teknologi baik secara parsial maupun simultan terhadap kinerja UMKM serta untuk mengetahui variabel  yang dominan mempengaruhi kinerja UMKM Kota Malang. Variabel bebas dalam penelitian ini terdiri dari pemberian kredit  modal kerja (X1) dan tingkat penggunaan teknologi (X2), dan variabel terikatnya adalah kinerja UMKM (Y).

  Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh UMKM Kota Malang yang berjumlah 138 yang didapat dari hasil publikasi BPS Kota Malang. Penentuan sampel menggunakan rumus infinite population dengan menggunakan a = 10%, sehingga diperoleh sampel sebanyak 58 responden. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan multy stage sampling. Tahapan pertama adalah proportional sampling untuk menentukan jumlah sampel yang diambil dari masing-masing kecamatan di Kota Malang yang akan di teliti. Tahap terakhir adalah accidental sampling untuk menyebarkan kuesioner kepada responden. Kuesioner dalam penelitian ini termasuk dalam kuesioner tertutup menggunakan skala Likert 5 pilihan jawaban. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan regresi linier berganda. Untuk menguji kelayakan instrumen dilakukan uji validitas dan reliabilitas dengan sampel uji coba berjumlah 30 responden. Proses pengolahan data menggunakan software SPSS 16 for Windows. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner.