SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penggunaan Metode Analytic Hierarchy Process(AHP) Dalam Penentuan Strategi Prioritas Anti Poverty Program (APP) di Kecamatan Tirtoyudo Kabupaten Malang

Andri . Sriani

Abstrak


ABSTRAK

 

Sriani, Andri. 2018. Penggunaan Metode Analytic Hierarchy Process (AHP) Dalam Penentuan Strategi Prioritas Anti Poverty Program (APP) di Kecamatan Tirtoyudo Kabupaten Malang. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Hadi Sumarsono, S.T.M.Si.

 

Kata Kunci : Kemiskinan, Anty Poverty Program (APP), Analytic Hierarchy Process (AHP)

 

Dalam pelaksanaan Anty Poverty Program (APP) tidak semua daerah berhasil melaksanakannya sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan yaitu pengurangan kemiskinan. Kecamatan Tirtoyudo Kabupaten Malang termasuk salah satu daerah yang berhasil melaksanakan Anti Poverty Program (APP) secara baik karena mampu mengurangi presentase kemiskinan rata-rata sebesar 0,78% di Kecamatan Tirtoyudo. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan prioritas strategi dan pengembangan strategi dalam Anti Poverty Program (APP) sehingga dapat digunakan untuk mengoptimalkan pelaksanaan Anty Poverty Program (APP) dalam mengurangi tingkat kemiskinan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif yang menggunakan metode analisis data Analytic Hierarchy Process (AHP) pada pelaksanaan Anti Poverty Program (APP) di Kecamatan Tirtoyudo. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan kuesioner. Penelitian dilakukan pada seluruh stakeholder yang terlibat dalam pelaksanaan Anti Poverty Program (APP).

Berdasarkan hasil penelitian dengan consistency ratio sebesar 0,08 % memperlihatkan bahwa aspek manajemen pelaksanaan menjadi strategi prioritas yang memiliki nilai tertinggi dibandingkan aspek lainnya yaitu aspek pembinaan dan pendampingan, aspek penentuan sasaran, aspek bantuan modal dan aspek pemasaran dan kemitraan. Dalam pengembangannya para stakeholder lebih mengoptimalkan aspek yang dirasa prioritas dalam pelaksanaannya yaitu aspek manajemen pelaksanaan dan aspek pembinaan dan pendampingan untuk meningkatkan kinerja dan menompang pelaksanaan aspek lainnya dalam Anti Poverty Program (APP) di Kecamatan Tirtoyudo Kabupaten Malang.