SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh kepemilikan online shop dan hasil belajar pendidikan prakarya dan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha siswa kelas XI dan XII SMK Negeri 1 Malang program keahlian Teknologi Komputer Jaringan (TKJ) dan Pemasaran

lupita eka mathofanny

Abstrak


Pengangguran dan kemiskinan masih menjadi permasalahan penting di Indonesia, banyak pihak meyakini bahwa cara terbaik untuk menurunkan tingkat pengangguran di Indonesia adalah dengan menciptakan wirausahawan muda. Di era sekarang ini, globalisasi menghantarkan berbagai perkembangan dan kemajuan yang pesat dalam dunia teknologi dan informasi.Salah satu kegiatan yang dapat dilakukan dengan memanfaatkan kemajuan teknologi dan informasi saat ini adalah kegiatan berwirausaha secara online. Diimbangi dengan pendidikan siswa dalam bidang wirausaha akan membantu siswa dalam menjalankan usahanya. Hasil Belajar yang diperoleh siswa merupakan akumulasi dari hasil pembelajaran teori maupun praktik kewirausahaan. Sehingga penulisan skripsi ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari kepemilikan online shop dan hasil pendidikan prakarya dan kewirausahaan terhadapminat berwirausaha siswa.

Penulisan skripsi ini menggunakan metode penelitan dengan pendekatan kuantitatif dan jenis pendekatan eksplanatori. Sebab dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari variabel bebas kepemilikan online shop (X1) danhasil belajar pendidikan prakarya dan kewirausahaan(X2)  terhadap variabel terikat, yaitu minat berwirausaha siswa (Y).Sampel dalam penelitian ini adalah sejumlah populasi yang ada, yaitu seluruh siswa kelas XI dan XII SMKN 1 Malang Program keahlian TKJ dan Pemasaran yang memiliki akun online shop. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis inferensial, uji regresi linier berganda, uji asumsi klasik, serta uji hipotesis.

Berdasarkan analisis hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh secara parsial antara kepemilikan online shop terhadap minat berwirausahasiswa, dan terdapat pengaruh pula antara hasil belajar pendidikan prakarya dan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha siswa. Variabel penelitian juga memiliki pengaruh secara simultan, yakni terdapat pengaruh kepemilikan online shop dan hasil belajar pendidikan prakarya dan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha siswa. Sehingga semakin tinggi kepemilikan online shop maka semakin tinggi pula minat siswa dalam berwirausaha dan semakin tinggi hasil belajar siswa maka semakin minat berwirausahanya.

Berdasarkan hal tersebut diatas maka dapat disimpulkan bahwa: (1)terdapat pengaruh positif kepemilikan online shop terhadap minat berwirausaha siswa, (2)terdapat pengaruh positif hasil belajar pendidikan prakarya dan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha siswa, (3) terdapat pengaruh simultan kepemilikan online shop dan hasil belajar pendidikan prakarya dan kewirausahaan  terhadap minat siswa dalam berwirausaha.