SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH MANFAAT, KEPERCAYAAN DAN RISIKO TERHADAP PENGGUNAAN INTERNET BANKING PADA MAHASISWA PRODI S1 EKONOMI PEMBANGUNAN FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI MALANG ANGKATAN 2014

faradela ayumaruty

Abstrak


ABSTRAK

 

Perkembangan teknologi internet pada sektor perbankan digunakan untuk mengembangkan layanan yang diberikan kepada nasabah. Media internet dianggap sebagai suatu inovasi yang memberi peluang bagi sektor perbankan dalam memperkenalkan dan mengembangkan produk. Salah satu bentuk produk perbankan yang dikembangkan melalui internet adalah internet banking. Saat ini perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi memacu lembaga keuangan perbankan memberikan layanannya tidak saja melalui model konvensional. Berdasarkan fasilitas layanan internet banking yang telah disediakan, nasabah bank diharapkan mendapatkan keuntungan atau manfaat yaitu salah satunya berupa fleksibilitas untuk melakukan kegiatan setiap saat. Transaksi menggunakan internet banking juga perlu didasarkan pada rasa kepercayaan dari pihak nasabah kepada bank. Melihat bahwa kepercayaan (trust) adalah kekuatan daya tarik luar biasa untuk mengundang peluang dalam bertransaksi dan kecilnya tingkat risiko yang terkait dengan perkiraan dan perilaku terhadap harapan tersebut.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh manfaat, kepercayaan, dan risiko terhadap penggunaan internet banking. Peneliti memilih mahasiswa Program Studi S1 Ekonomi Pembangunan Angkatan 2014 sebagai populasi dan sampel. Dalam pemilihan sampel menggunakan metode cluster sampling yaitu setiap kelompok (offering/kelas) diambil 16 mahasiswa dengan sebanyak 5 kelas. Pengumpulan data menggunakan data primer dengan penyebaran kuesioner. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan analisis data sebagai berikut: (1) Uji Validitas, (2) Uji Reliabilitas, (3) uji normalitas, (4) uji asumsi klasik, (5) uji regresi linear berganda, (6) uji t, (7) uji F, dan (8) uji koefisien beta.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manfaat, kepercayaan, dan risiko mempunyai pengaruh yang positif signifikan baik secara parsial maupun simultan. Namnun, pada variabel risiko menunjukkan pengaruh negatif signifikan. Kemudian, manfaat mempunyai pengaruh yang paling kuat/ dominan. Penelitian ini memberikan saran kepada mahasiswa sebagai nasabah dapat mempertimbangkan loyalitasnya atas layanan yang telah diberikan oleh bank.dan kepada peneliti selanjutnya agar memperluas variabel dan indikator yang diteliti.