SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Perilaku Belanja Online di Kalangan Mahasiswa Program Studi S1 Ekonomi dan Studi Pembangunan Angkatan 2015 Universitas Negeri Malang

nanda vidiya

Abstrak


ABSTRAK

 

Vidia, Nanda. 2017. Perilaku Belanja Online di Kalangan Mahasiswa Program Studi S1 Ekonomi Dan Studi Pembangunan Angkatan 2015 Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Agung Haryono, S.E., M.P., Ak

 

Kata Kunci: Perilaku belanja, mahasiswa, online shop, faktor membeli online

 

Perilaku konsumen merupakan suatu hal yang dinamis. Perkembangan teknologi terutama teknologi informasi dan telekomunikasi turut serta membawa pengaruh dalam perilaku konsumen, terlebih konsumen dari kalangan mahasiswa yang sangat akrab dengan perkembangan tekhnologi tersebut. Majunya teknologi informasi dan komunikasi membuat para produsen menjadikannya sebagai lahan untuk memperjual-belikan barangnya di internet, saat ini kita mengenalnya dengan sebutan online shop. Keberadaan online shop memberikan kemudahan bagi para konsumen,namun tidak cukup aman karena penjual memiliki banyak celah untu berbuat kecurangan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perilaku belanja online di kalangan mahasiswa program studi s1 ekonomi pembangunan angkatan 2015 UM dan faktor-faktor apa saja yang mendorong mereka untuk melakukan pembelian melalui online shop.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang mana data yang disampaikan serta pemaknaan mengenai apa yang terjadi dipaparkan dengan menggunakan kalimat verbal. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data berupa pedoman wawancara dan instrument manusia, yaitu peneliti sendiri. Untuk menjaga keabsahan data, dilakukan kegiatan trianggulasi data. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap reduksi data, tahap penyajian data dan tahap verifikasi data.

Hasil penelitian ini adalah saat berbelanja melalui online shop, mahasiswa program studi ekonomi dan studi pembangunan angkatan 2015 dominan membeli produk dari kategori fashion dan kosmetik yang jarang ditemui di toko-toko sekitarnya, dalam membelanjakan uangnya, mereka masih bersifat rasional dan tidak menjadi konsumtif dan sesudah bertransaksi melalui online shop mereka tidak selalu mendapatkan kepuasan karena barang yang diteriman seringkali tidak sesuai dengan apa yang mereka harapkan. Faktor-faktor yang mendorong mereka untuk membeli produk melalui online shop adalah kepercayaan, banyaknya variasi produk, pengalaman belanja, harga yang ditawarkan, kenyamanan dan kemudahan, efisiensi waktu dan tenaga, serta adanya pengaruh dari kelompok rujukan yaitu kelompok pertemanan.

Saran bagi penjual di online shop agar dapat mempertahankan  serta meningkatkan pelayanan dan keamanan sehingga konsumen merasa nyaman dan pembelian akan  meningkat. Selain itu disarankan agar lebih bijak dalam menentukan harga. Bagi konsumen online shop disarankan untuk lebih berhati-hati dan selektif dalam memilih produk ataupun online shop tempat berbelanja.