SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Strategi Pengembangan Potensi Ekonomi Kreatif Kota Malang (Studi Kasus: Jatim Information Technology Creative)

Nian Rifia Ari Sandi

Abstrak


ABSTRAK

 

Menurut Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), ekonomi kreatif didefinisikan sebagai penciptaan nilai tambah yang berbasis ide yang lahir dari kreativitas sumber daya manusia (orang kreatif) dan berbasis ilmu pengetahuan, termasuk warisan budaya dan teknologi. Di dalam ekonomi kreatif terdapat industri kreatif sebagai proses produksi karya kreatif. Ekonomi kreatif merupakan penyumbang PDB Atas Dasar Harga Berlaku (ADHB) tahun 2010-2013 terbesar ketujuh dari sepuluh sektor ekonomi penyumbang pertumbuhan ekonomi. Berkaitan dengan ekonomi dan industri kreatif di Kota Malang, terdapat lembaga Jatim Information Technology Creative (JITC) binaan dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Jawa Timur.

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui potensi ekonomi kreatif Kota Malang, kondisi Kota Malang sebagai Kota Kreatif, dan strategi pengembangan ekonomi kreatif melalui JITC. Penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan studi kasus dan dibantu dengan analisis SWOT, data diperoleh dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan berasal dari relawan JITC dan usahawan yang pernah dibina serta bekerja sama dengan JITC.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Potensi ekonomi kreatif di Kota Malang sangat besar, serta ke depan akan dikembangkan industri game apps. 2) Kondisi ekosistem Kota Malang sebagai Kota Kreatif sudah akomodatif terhadap industri kreatifnya, namun terkait tranparansi dana masih belum terlaksana dengan baik. 3) Strategi mengembangkan potensi ekonomi kreatif di Kota Malang melalui JITC berdasarkan hasil analisis SWOT adalah: dengan memperluas diri dengan memanfaatkan basis dat usahawan yang ada untuk merekrut relawan tambahan atau menjalin kerja sama untuk membina, mencari talenta-talenta di bidang game apps untuk dibina dan diberdayakan, memperluas database SDM kreatif melalui pelatihan/event, serta menambah program kerjasama dengan instansi pendidikan, komunitas, dan alumni. Berdasarkan paparan ini, strategi pengembangan potensi ekonomi kreatif Kota Malang bisa diwujudkan melalui JITC dengan mengkonsentrasikan pada fokus subsektor industri kreatif game apps.