SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Pemanfaatan Gadget Smartphone dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Turen Kabupaten Malang

Bayu Aditya Septian

Abstrak


ABSTRAK

 

Aditya, Bayu S, 2017. Pemanfaatan Gadget Smartphone dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar. Skripsi. Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (I) Dr. Hj. Lisa Rokhmani, M.Si

 

Kata Kunci : pemanfaatan gadget smartphone, motivasi, hasil belajar siswa.

 

Pada era globalisasi ini perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sangat cepat dan pesat. Salah satunya dibidang komunikasi dimana saat ini komunikasi yang cepat dan praktis sangat dibutuhkan. Salah satu teknologi dibidang komunikasi yang paling praktis adalah hadirnya gadget smartphone. Dengan adanya gadget smartphone siswa bisa mengakses informasi yang berhubungan dengan materi- materi pembelajaran yang diberikan di sekolah alhasil prestasi belajar pelajar dapat meningkat.

Penelitian ini menggunakan desain statistik deskriptif yang bersifat eksplanasi, yaitu menjelaskan pengaruh antar variabel independen terhadap variabel dependen. Dimana variabel independennya pemanfaatan gadget  smartphone dan motivasi belajar siswa. Variabel dependennya hasil belajar siswa dengan sampel 95 responden. Teknik sampel yang digunakan adalah Proporsional Random Sampling. Pengumpulan data digunakan dengan cara studi angket dan dokumentasi hasil belajar. Data yang di peroleh diuji menggunakan analisa statistik Regresi Linear Berganda.

Berdasarkan perhitungan uji statistik Regresi Linear Berganda didapatkan nilai p = 0,009