SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Kelas X IPS SMA Tri Murti 01 Pakisaji Kabupaten Malang

Santi Krisna Murti

Abstrak


ABSTRAK

 

Murti, Santi Krisna. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Kelas X IPS SMA TriMurti 01 Pakisaji. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang, Pembimbing: Drs. Sapir, S.Sos, M.Si

 

Kata Kunci:Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT), Keaktifan, Hasil Belajar.

 

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti siswa kelas X IPS di SMA TriMurti 01 Pakisaji kurang memperhatikan guru dan ramai saat proses pembelajaran. Keterlibatan siswa dalam menyampaikan pendapat dan bertanya masih kurang. Sehingga siswa di kelas kurang aktif dan ada beberapa siswa yang tidur saat guru menjelaskan materi pada proses pembelajaran. Hanya ada berberapa siswa yang masih mendominasi jalannya pembelajaran. Akibatnya tingkat pemahaman siswa terhadap materi rendah, sehingga berpengaruh pada hasil belajar siswa yang belum memenuhi KKM yang telah ditentukan oleh sekolah dilihat dari hasil ulangan harian. Dari fakta yang ditemukan oleh peneliti dilapangan dari 20 siswa, hasil belajar siswa yang memenuhi nilai KKM sebanyak 12 siswa dengan presentase 60% dan yang belum memenuhi nilai KKM sebanyak 8 siswa dengan presentase 40%. Untuk mengatasi hal ini, peneliti menerapkan model pembelajarankooperatiftipeTGTuntuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar. Melalui model pembelajaran TGT siswa diajarkan untuk berdiskusi, menghargai, bermain dan belajar.

PenelitianinimenggunakanPenelitianTindakanKelas yang dilakukandalam 2 siklus.Subjekpenelitian ini adalah siswa kelas X IPS di SMA TriMurti 01 Pakisaji denganjumlahsiswa sebanyak 20 siswa yang terdiri dari 13 siswalaki-laki dan 7 siswaperempuan. Teknik pengambilan data padapenelitianini meliputi observasi, soalpre-tesdan post-tes, dan catatan lapangan.

Hasil penelitian ini menunjukkan model pembelajaran TGTmampu meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X IPS SMA Tri Murti 01 Pakisaji. Berikut data hasil penelitian yang dilakukan: 1) Keterlaksanaan model pembelajaran pembelajaran TGTditerapkan dengan predikat baik sekali terbukti adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu 93,74%menjadi 98,37%. 2) Terjadi kenaikan pada keaktifan siswa dari siklus I ke siklus II yaitu 57,91%menjadi 74,95%; 3) Rata-rata hasil belajar siswa padapost-tes meningkat dari 70,59%ke82,9%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan perpaduan model pembelajaran TGT mampu meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X IPS SMATri Murti 01 Pakisaji.

Adapun saran yang diberikan yaitu: 1) Guru ekonomi SMA Tri Murti 01 Pakisaji,model  pembelajaran kooperatif tipe TGT ini sebagai referensi untuk meningkatkan kegiatan pembelajaran khususnya untuk peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa. 2) Bagi peneliti lain, dalam model pembelajaran kooperatif tipe TGT ini, sebaiknya lebih memperhatikan siswa selama diskusi.