SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAAN JIGSAW PADA PELAJARAN EKONOMI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MAN 2 KOTA PROBOLINGGO SEMESTER GASAL 2017/2018

jamal ludin

Abstrak


ABSTRAK

 

Jamalludin. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw Dalam Pelajaran Ekonomi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X MAN 2 Kota Probolinggo Semester Genap Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. H. Sapir, S.sos, M.si

 

Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif, Model Pembelajaran Jigsaw, Hasil Belajar

 

Guru mempunyai tugas untuk membimbing siswa untuk mencapai kompetensi-kompetensi yang telah ditetapkan, namun dalam penerapan dilapangan banyak kendala yang dihadapi. Penyampaian materi tidak sesuai rencana, masih banyak siswa yang tidak memperhatikan materi yang disampaikan guru. Sehingga banyak siswa yang hasil belajarnya dibawah KKM. Model dalam proses pembelajaran di kelas merupakan hal yang sangat penting dalam menentukan keberhasilan siswa dalam proses belajarnya. Karena dalam suatu pembelajaran dibutuhkan ke kreatifan guru dalam mengolah kelas, agar siswa bisa mengikuti pembelajaran dengan aktif sehingga diharapkan hasil belajar siswa dapat meningkat. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan membuat siswa lebih aktif.

Dari berbagai macam model pembelajaran yang ada maka dipilihlah model pembelajaran Jigsaw karena memiliki beberapa kelebihan seperti yang dijelakan Aris Shoimin (2014 : 90)  ”Model pembelajaran Jigsaw siswa memiliki banyak kesempatan untuk mengemukan pendapat dan mengolah informasi yang didapat dan dapat meningkatkan keterampilan berkomunikasi. Anggota kelompok bertanggung jawab atas keberhasilan kelompoknya dan ketuntasan bagian materi yang dipelajari dan dapat menyampaikan kepada kelompoknya. Masalah yang diteliti yaitu Apakah  penerapan model pembelajaran jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi  siswa kelas X IPS 1 di MAN 2 Probolinggo semester genap tahun ajaran 2017/2018

Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Hasil penelitian ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa, terbukti dari hasil siklus satu hasil belajar siswa yaitu 72,22% siswa tuntas KKM, sedangkan pada siklus dua terdapat peningkatan siswa yang tuntas KKM sebesar 91,66%. Peningkatan rata-rata hasil belajar sebesar 19,44% dari 72,22% menjadi 91,66%.

Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Jigsaw  dapat meningkatkan hasil bhelajar siswa. Sedangkan saran dalam penelitian ini, model pembelajaran Jigsaw  dapat menjadi alternative guru dalam mengajar sehingga hasil belajar siswa sesuai harapan.