SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Model Pembelajaran ARIAS dikolaborasikan dengan Kartu Arisan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X-IIS 2 MA Bilingual Batu Semester Ganjil Tahun Ajaran 2017/2018

Sita Della Desmawati

Abstrak


ABSTRAK

 

Berdasarkan hasil observasi awal, wawancara dengan guru mata pelajaran ekonomi kelas X-IIS 2 MA Bilingual Batu, diketahui bahwa siswa-siswi kelas X-IIS 2 cenderung pasif ketika mengikuti pembelajaran ekonomi dan terdapat beberapa siswa yang kurang percaya diri, kurangnya minat saat pembelajaran berlangsung serta mengantuk pada saat proses pembelajaran. Adanya masalah tersebut mengakibatkan hasil belajar siswa rendah. Terbukti pada ulangan harian I hanya 1 dari 35 siswa yang tuntas pada ulangan harian tersebut. Oleh karena itu, diperlukan model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa, salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran ARIAS dikolaborasikan dengan Kartu Arisan.

Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan pendekatan deskriptif kulitatif. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus dengan 4 tahap di masing-masing siklusnya yaitu, perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi tindakan dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X-IIS 2 MA Bilingual Batu yang berjumlah 35 siswa. Objek penelitian adalah hasil belajar siswa ranah kognitif yang dilihat dari pre test dan post test siswa.

Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran ekonomi dengan menerapkan model pembelajaran ARIAS dikolaborasikan dengan Kartu Arisan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X-IIS 2 MA Bilingual Batu. Pada siklus I terjadi peningkatan presentase ketuntasan belajar, yang sebelumya 3.44% saat pre test, pada saat post test meningkat menjadi 67.85%. Pada siklus II terjadi peningkatan presentase ketuntasan belajar, yang sebelumnya 6.45% saat pre test, pada saat post test meningkat menjadi 84%.

Kesimpulan yang dapat ditarik dari hasil penelitian adalah bahwa penerapan model pembelajaran ARIAS dikolaborasikan dengan Kartu Arisan pada mata pelajaran ekonomi dapat diterapkan dengan baik di kelas X-IIS 2 MA Bilingual Batu, kedua penerapan model pembelaaran ARIAS dikolaborasikan dengan Kartu Arisan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X-IIS 2 MA Bilingual Batu.

Berdasarkan penelitian ini disarankan: (1) Bagi guru dapat menerapkan model pembelajaran ARIAS dikolaborasikan dengan Kartu Arisan dengan menyesuaikan materi yang akan diajarkan. Model pembelajaran ARIAS dikolaborasikan dengan Kartu Arisan dapat diterapakan pada materi konseptual dan hitung-hitungan. Untuk kartu soal bisa lebih dari lima tergantung jumlah siswa satu kelas dan soal bisa banyak agar siswa lebih banyak memahami materi yang telah guru ajarkan, (2) Bagi Sekolah penerapan model pembelajaran ARIAS dikolaborasikan dengan Kartu Arisan dapat digunakan sebagai pertimbangan dalam memilih model pembelajaran dan juga sebagai pertimbangan strategi pembelajaran bagi mata pelajaran lain untuk meningkatkan mutu pendidikan di MA Bilingual Batu, (3) Bagi peneliti selanjutnya diharapkan pada saat penerapan model pembelajaran ARIAS dikolaborasikan dengan Kartu Arisan peneliti lebih bisa mengelola waktu dengan baik agar semua langkah pada model pembelajaran tersebut semuanya terlaksana. Model pembelajaran ini bisa juga dikolaborasikan dengan model pembelajaran lain yang bervariasi