SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL (EQ) DAN INTENSITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMA LABORATORIUM UM PADA MATA PELAJARAN EKONOMI

Luluk Dwi Cahyani

Abstrak


ABSTRAK

 

Cahyani, Luluk Dwi. 2017. Pengaruh Kecerdasan Emosional  dan Intensitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI IPS  pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Laboratorium UM Kota Malang. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pemangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Ro’ufah Inayati S.Pd, M.Pd.

 

Kata Kunci: Kecerdasan emosional, Intensitas Belajar, Prestasi belajar

 

SMA Laboratorium UM merupakan salah satu SMA di Kota Malang yang melakukan tes IQ untuk penerimaan dan penempatan siswa di kelas. Rata-rata tingkat IQ siswa kelas XI IPS di SMA Laboratorium UM adalah diatas rata-rata. Namun berdasarkan hasil observasi awal penulis, didapati bahwa terjadi kecenderungan penurunan nilai siswa pada hasil ulangan harian pertama dan kedua yaitu sebesar 33%. Hal ini mengindikasikan bahwa terdapat fakrot-faktor lain yang lebih berperan dalam menentukan prestasi belajar siswa. Berdasarkan hal tersebut maka peneliti tertarik untuk meneliti kecerdasan lain selain kecerdasan intelektual yaitu kecerdasan emosional dan dipadukan dengan intensitas belajar yang merupakan salah satu faktor eksternal yang mempengaruhi prestasi belajar.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kuantitatif. Terdapat 2 variabel bebas (kecerdasan emosional dan intensitas belajar) dan 1 variabel terikat (prestasi belajar) dalam penelitian ini. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS di SMA Laboratorium UM dengan jumlah 126 siswa dan sampel yang diambil sebanyak 97 siswa dengan menggunakan teknik proportional random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui angket dan dokumentasi dengan instrument penelitian berupa angket. Adapun alat analisis yang digunakan adalah stasistik deskriptif dan analisis regresi linear berganda dengan bantuan program SPSS 23.00 for window.

Hasil penelitian menyimpulkan bahwa (1) Kecerdasan emosional berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap prestasi belajar, (2) Intensitas belajar berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap prestasi belajar, (3) Secara simultan kecerdasan emosional dan intensitas belajar berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap prestasi belajar.

 

ABSTRACT

 

Cahyani, Luluk Dwi. 2017. The Influence of Emotional Intelligence and Learning Intensity to Student Achievement of Class XI IPS on Economic Subject at SMA Laboratorium UM Malang City. Sarjana’s Thesis, Department of Economic Development of Faculty of Economics, State University of Malang. Advisor: Ro'ufah Inayati S.Pd, M.Pd.

 

Keywords: Emotional Intelligence, Intensity of Learning, Learning Achievement

 

SMA Laboratorium UM is one of the high schools in Malang that perform IQ test for student acceptance and placement in class. The average IQ level of class XI IPS students in SMA Laboratorium UM is above average. However, based on the results of preliminary observations of the authors, it was found that there is a tendency of impairment of students score on the results of the first and second daily test that is equal to 33%. This indicates that there are other factors that play a more important role in determining student achievement. Based on that, the researcher is interested to examine other intelligence besides intellectual intelligence that is emotional intelligence and combined with learning intensity which is one of the external factors that influence the learning achievement.

This research uses descriptive quantitative research design. There are two independent variables (emotional intelligence and learning intensity) and 1 dependent variable (learning achievement) in this study. The population used in this study is all students of class XI IPS in SMA Laboratorium UM with the number of 126 students and samples taken as many as 97 students using proportional random sampling technique. Data collection techniques in this study is through questionnaires and documentation with research instruments in the form of questionnaires. The analytical tool used is descriptive stasis and multiple linear regression analysis with the help of SPSS 23.00 for window program.

The result of this research conclude that (1) Emotional intelligence have positive and significant influence to learning achievement, (2) learning intensity have positive and significant effect to learning achievement, (3) simultaneously emotional intelligence and learning intensity have positive and significant influence to learning achievement.