SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS 2 Di MAN Gondanglegi Kabupaten Malang Semester Genap Tahun Ajaran 2016/2017

Alifiandi Rachmadianto Sulistyo

Abstrak


ABSTRAK

 

Sulistyo,     Alifiandi Rachmadianto. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS 2 Di MAN Gondanglegi Kabupaten Malang Semester Genap Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi. Jurusan Ekonomi Pembangunan. Program Studi Pendidikan Ekonomi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. H. Sapir, S.Sos, M.Si

 

Kata kunci: Problem Based Learning (PBL), Berfikir Kritis, dan Hasil Belajar.

 

Dalam proses pembelajaran tentu saja melibatkan guru dan peserta didik untuk mampu berinteraksi secara positif sehingga muncul adanya timbal balik yang dihasilkan. Salah satu pembelajaran yang melibatkan peran peserta didik secara langsung yaitu pembelajaran kooperatif. Proses belajar dalam kelompok akan membantu peserta didik dalam membangun pemahaman mereka tentang materi pelajaran. Sebagai fasilitator guru juga mempunyai peran vital dimana guru juga harus bisa menyediakan berbagai bahan ajar yang mudah dipahami dan dilaksanakan oleh peserta didik. Sebagai hasil dari pencapaian belajar kelompok mereka adalah nilai belajar dan kemampuan berfikir peserta didik meningkat.

Namun pada saat pembelajaran di sekolah MAN Gondanglegi, siswa masih pasif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Siswa hanya menyimak dan mendengarkan informasi yang disampaikan oleh guru, sehingga ruang gerak siswa dalam menangkap informasi terhambat oleh adanya suasana pembelajaran yang pasif. Suasana dan kondisi kelas seperti akan membuat proses pembelajaran mudah bosan.

Salah satu model pembelajaran yang mampu memperbaiki permasalahan yang ada yaitu Problem Based Learning (PBL). Penerapan model pembelajaran PBL ini diharapkan mampu meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa dalam menyelesaikan berbagai macam permasalahan yang kompleks. Selain itu, siswa juga diharapkan mampu menganalisis sendiri permasalahan yang ada berdasarkan pengalaman yang diperoleh serta latihan pada proses pembelajaran sehingga siswa mampu berkomunikasi dan berdiskusi secara interaktif guna mendapatkan jawaban atas permasalahan yang ada.

Hasil dari penelitian ini bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning mampu meningkatkan kemampuan berfikir kritis dan hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan presentasi perbandingan kemampuan berfikir kritis siswa pada siklus I dan II dengan kategori “sangat baik” meningkat dari 15% menjadi 30%, kategori “baik” meningkat dari 20% menjadi 44%, sedangkan kategori “cukup” meningkat dari 30% menjadi 26%, dan kategori “kurang” dari 35% menjadi 0%. Pada hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan pada siklus I dan siklus II. Hal ini dibuktikan dengan presentase pre test meningkat dari 41% menjadi 58%. Sedangkan presentase post test juga mengalami peningkatan dari 68% menjadi 88%.

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, didapatkan hasil bahwa penerapan pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan kemampuan berfikir kritis dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS 2 MAN Gondanglegi. Saran yang dapat diberikan dari hasil penelitian ini yaitu: 1) penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat dijadikan model pengembangan untuk mata pelajaran yang lain guna meningkatkan kualitas pembelajaran di MAN Gondanglegi Kabupaten Malang, 2) dapat dijadikan model pembelajaran untuk mata pelajaran yang lain dan disesuaikan dengan materi, dan 3) diharapkan dapat dilakukan dengan langkah – langkah yang lebih baik dengan kelas dan sekolah yang berbeda.