SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Iklan Di Media Sosial Terhadap Perkembangan Usaha Pada Bidang Kuliner (Studi Kasus : Dapoer Mie Galau)

Diandra Sari UM

Abstrak


ABSTRAK

 

Sebagai kota terbesar kedua di Jawa Timur, kemajuan teknologi dan gaya hidup pula yang membuat Kota Malang menjadi banyak sekali usaha-usaha kecil hingga menengah dari berbagai macam produk, mulai dari kerajinan, pakaian, jasa hingga kuliner yang cukup berkembang  pesat hingga sekarang. Salah satunya, usaha kuliner Dapoer Mie Galau merupakan usaha rumahan yang berdiri pada tahun 2010 yang berlokasikan di Jl. Mawar 4/20 ,Malang. Awalnya,  usaha ini memasarkan usahanya dengan orang sekitarnya seperti di lingkungan rumah, kerabat hingga rekan kerja. Dapat dikatakan bahwa lokasi tempat usaha kuliner ini dapat dikatakan kurang strategis dikarenakan wilayahnya yang berada di tengang-tengah pemukiman yang padat dan tidak dekat dengan jalan utama diharapkan agar usaha yang ditekuni akan lebih dikenal oleh masyarakat secara luas. Berdasarkan uraian tersebut, peneliti ingin mendeskripsikan bagaimana penggunaan iklan di media sosial pada perkembangan usaha kuliner Dapoer Mie Galau, dan mendeskripsikan pengaruh penggunaan iklan di media sosial pada perkembangan usaha bidang kuliner Dapoer Mie Galau.

Metode Penelitian ini menggunakan metode diskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, serta dokumentasi. Sedangkan analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pengumpulan data menggunakan pengambilan responden dengan kriteria yaitu pihak - pihak yang menjadi informan adalah yang pernah melihat iklan dari Dapoer Mie Galau,  di sosial media dan juga aktif menggunakan sosial media.

Penelitian ini membahas tentang bagaimana iklan di media sosial terhadap perkembangan usaha yang berada di Dapoer Mie Galau. Apakah, membawa pengaruh positif dengan iklan yang sudah dilakukan. Serta membawa dampak seperti apa dalam perkembangan usaha.

Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan oleh peneliti pada usaha kuliner Dapoer Mie Galau penggunaan teknologi yang ada untuk memperluas pangsa pasarnya dimana mereka menggunakan media sosial sebagai alat bantu promosi dianggap paling efisien untuk menjaring para calon pelanggan baru.

Lebih dari itu, mereka juga menggunakan iklan dan selebgram untuk meningkatkan jumlah pangsa pasar sehingga membuat Dapoer Mie Galau sendiri menjadi lebih dikenal dalam radius media sosial yang dapat diakses oleh masyarakat. Dengan keunggulan dan daya tarik tersebut Dapoer Mie Galau dapat menarik pengunjung mulai dari pelajar, mahasiswa, hingga orang lanjut usia memliki ketertarikan untuk berkunjung mengkonsumsi produk yang mereka miliki.