SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Sistem Moving Class dan Fasilitas Internet Sekolah terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 6 Malang

Irvan Sepfiandy

Abstrak


ABSTRAK

 

 

Sepfiandy, Irvan. 2017. Pengaruh Sistem Moving Class dan Fasilitas Internet

Sekolah terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri

6 Malang. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi

Universitas Negeri Malang. Pembimbing : Drs. Sapir, S.Sos, M.Si.

 

Kata Kunci: sistem moving class, fasilitas internet sekolah, hasil belajar ekonomi

 

Sistem moving class dan fasilitas internet sekolah merupakan syarat dalam menuju Sekolah Mandiri dan Berstandar Nasional. Kedua hal tersebut dinilai mampu membuat siswa sadar untuk belajar tanpa harus dituntut oleh guru dan sekolah. Dengan peningkatan kesadaran itu pula, maka seluruh aspek perkembangan siswa baik pengetahuan, sikap dan keterampilan akan secara beriringan meningkat. Namun, berbagai masalah yang muncul terkait sistem moving class dan fasilitas internet sekolah di SMA Negeri 6 Malang, diantaranya ruang kelas yang kurang lengkap, pengaturan administrasi jadwal pelajaran yang kurang efektif, fasilitas internet yang disalahgunakan untuk bermain game online dan media sosial, yang pasti akan berdampak pada proses dan hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran Ekonomi.

Hasil belajar Ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 6 Malang dapat dipengaruhi oleh kedua faktor di atas yaitu (1) sistem moving class dan (2) fasilitas internet sekolah. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah ada pengaruh sistem moving class dan fasilitas internet sekolah terhadap hasil belajar Ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 6 Malang baik parsial maupun simultan. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendapatkan persepsi siswa terkait sistem moving class dan fasilitas internet sekolah dan pengaruhnya terhadap hasil belajar Ekonomi di SMA Negeri 6 Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS sebanyak 146 siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini berdasarkan rumus Cochran dengan teknik “proportional sistematic sampling”, dan diperoleh 80 responden. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket/kuisioner.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh sistem moving class (X1) terhadap hasil belajar Ekonomi siswa (Y) (2) terdapat pengaruh fasilitas internet sekolah (X2) terhadap hasil belajar Ekonomi siswa (Y). Penerapan sistem moving class yang diterapkan mampu membuat suasana dan kondisi belajar sesuai keinginan siswa, sehingga siswa akan nyaman di setiap menerima materi dan akan termotivasi untuk dapat meningkatkan hasil belajarnya, kedisiplinannya dan keterampilannya dalam menciptakan produk-produk belajar. Fasilitas internet sekolah juga mampu merangsang siswa untuk secara sadar memenuhi kebutuhan  informasi secara luas terkait materi pembelajaran tanpa bergantung pada buku teks pelajaran, serta dengan adanya fasilitas internet, siswa terfasilitasi untuk selalu mengikuti, menyelaraskan dan menganalisis materi yang didapat di sekolah dengan arus informasi dari seluruh dunia.  

 

Saran yang diajukan adalah (1) bagi guru di SMA Negeri 6 Malang, sebaiknya meningkatkan kedisiplinan waktu mengajar agar efisien saat perpindahan jam pelajaran dan melakukan pengawasan kepada siswa untuk membatasi akses internet yang tidak sesuai dengan materi pelajaran, seperti penyitaan gadget siswa jika melanggar peraturan. (2) bagi SMA Negeri 6 Malang, perlu meningkatkan pembuatan jadwal pelajaran yang efektif dan efisien dengan memanfaatkan seluruh kelas yang ada serta pembentukan peraturan yang lebih tegas terkait sanksi jika siswa kurang disiplin saat perpindahan mata pelajaran sehingga tidak ada keterlambatan siswa masuk ke kelas. Selain itu, bandwidth pada fasilitas internet yang ada perlu ditingkatkan agar menjangkau akses pada seluruh siswa yang menggunakan dan sekolah perlu melakukan pembatasan dan pemblokiran pada situs-situs yang tidak berhubungan dengan materi pelajaran seperti situs game online dan media sosial. (3) bagi mahasiswa yang meneliti sistem moving class dan fasilitas internet sekolah hendaknya dapat mengembangkan lebih mendetail lagi, seperti penambahan indikator-indikator, jumlah populasi sehingga dapat memaksimalkan hasil penelitian yang cakupannya lebih luas dan berguna bagi pihak-pihak terkait.