SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH PENDIDIKAN EKONOMI DI LINGKUNGAN KELUARGA DAN LITERASI EKONOMI TERHADAP PERILAKU KONSUMSI SISWA KELAS XI IIS SMA BRAWIJAYA SMART SCHOOL MALANG

Rini Wulandari Wisdawati

Abstrak


ABSTRAK

 

Wisdawati, Rini Wulandari. 2017. Pengaruh Ekonomi di Lingkungan Keluarga dan Literasi Ekonomi Terhadap Perilaku Konsumsi Siswa Kelas XI IIS SMA Brawijaya Smart School Malang. Pembimbing : Dr. H. Agung Haryono, S.E., M.P., A.k.

 

Kata Kunci : Pendidikan Ekonomi di Lingkungan Keluarga, Literasi Ekonomi, dan Perilaku Konsumsi.

 

Perilaku konsumsi adalah suatu kegiatan yang mengurangi memanfaatkan, bahkan menghabiskan nilai guna baik barang maupun jasa untuk memenuhi kebutuhan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Bagaimana pengaruh pendidikan ekonomi di lingkungan keluarga dan literasi ekonomi secara parsial terhadap perilaku konsumsi siswa kelas XI IIS SMA Brawijaya Smart School (2) Bagaimana pengaruh pendidikan ekonomi di lingkungan keluarga dan literasi ekonomi secara simultan terhadap perilaku konsumsi siswa kelas XI IIS SMA Brawijaya Smart School?

Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IIS 1, XI IIS 2, dan XI IIS 3.  Sampel dalam penelitian ini berjumlah 69 siswa yang diambil dari semua populasi. Data diperoleh menggunakan instrumen angket dan tes yang telah diuji kelayakan melalui uji validitas  dan reliabilitas.

Hasil pengujian dalam penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh positif dan signifikan dari pendidikan ekonomi di lingkungan keluarga terhadap perilaku konsumsi siswa kelas XI IIS SMA Brawijaya Smart School Malang, (2) Ada pengaruh positif dan signifikan dari literasi ekonomi terhadap perilaku konsumsi siswa kelas XI IIS SMA Brawijaya Smart School Malang, (3) Ada pengaruh positif dan signifikan dari pendidikan ekonomi di lingkungan keluarga dan literasi ekonomi terhadap perilaku konsumsi siswa kelas XI IIS SMA Brawijaya Smart School Malang. Saran bagi peneliti selanjutnya diharapkan meneliti variabel-variabel lain yang mempengaruhi perilaku konsumsi siswa diluar variabel pendidikan ekonomi di lingkungan keluarga dan literasi ekonomi, agar penelitian dapat berkembang.