SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN KEDISIPLINAN BELAJAR DI SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IIS PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 7 MALANG

Ramadhani Imansari.

Abstrak


ABSTRAK

 

Pendidikanmerupakanhal yang sangatpentingbagisemuaindividudanhampirsemuaindividupernahmerasakanpendidikan.Pendidikanjugamerupakansuatu system yang teridiridari input, proses dan output. Input merupakanpesrtadidik yang melaksanakanaktivitasbelajar, proses merupakankegiatandaribelajarmengajarsedangkan output merupakanhasildari proses yang dilaksanakan. Siswa yang mempunyaimotivasi yang kuatakandiikutidenganadanyasikapdisiplindiridimanasikapdisiplininimerupakansesuatu yang berkenaandenganpengendaliandiriseseorangterhadapbentuk-bentukaturan. Ataupadagarisbesarnyamotivasiinimenentukantingkatkeberhasilanataugagalnyakegiatanbelajarsiswa, pembelajaran yang bermotivasipadahakikatnyaadalahpembelajaran yang sesuaidengankebutuhan, dorongan, motif, minat yang adapadadirisiswa.

Tujuandalampenelitianiniadalah (1) untukmengetahuipengaruhmotivasibelajarsiswaterhadaphasilbelajarsiswamatapelajaranekonomikelas XI IIS SMA Negeri 7 Malang, (2) untukmengetahuipengaruhkedisiplinanbelajarsiswaterhadaphasilbelajarsiswamatapelajaranekonomikelas XI IIS SMA Negeri 7 Malang, (3) untukmengetahuipengaruhmotivasibelajardankedisiplinanbelajarsiswaterhadaphasilbelajarsiswamatapelajaranekonomikelas XI IIS SMA Negeri 7 Malang. Metode yang digunakanadalahkuantitatifdenganjenispenelitianeksplanasi.Eksplanasidigunakandalampenelitiankarenapenelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruhmotivasibelajardankedisiplinanbelajarterhadaphasilbelajar.Penelitianinidengancaramenyebarkanangketkepadasiswa yang telahmenjadisampeldalampenelitian.

Rancangandalampenelitianinidiawalidengantahapujivaliditaskemudiandilanjutkanujireliabilitas.Padaujivaliditasdanujireliabilitasdilakukanuntukmengukurdanpengumpulan data karena instrument tersebutsudahbaik.Dilajutkandengananalisis data yang berupaujiasumsiklasik, analisisregresi linier bergandadanujihipotesis.

Hasildaripenelitianinidapatdiketahuibahwahasilbelajarsiswakelas XI IIS SMA Negeri 7 Malang dipengaruhiolehmotivasibelajardankedisiplinanbelajar.Dengandilihatdariujisumbanganefektif ( diketahuibahwamotivasibelajarlebihdominanmempengaruhihasilbelajarsiswadibandingkandengankedisiplinanbelajar, namunbukanberartikedisiplinanbelajartidakmempengaruhihasilbelajarsiswa. jika di lihatdarihasilpenelitianparsial, motivasibelajardankedisiplinanbelajarberpengaruhjugaterhadaphasilbelajar.Di lihatsecarasimultanmotivasibelajardankedisiplinanbelajarberpengaruhterhadaphasilbelajarsiswa.Hasildaripenelitianinidapatdisimpulkanbahwamotivasibelajardankedisiplinanbelajarmampumemaksimalkanhasilbelajarsiswa.