SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X6 (X IPS 2) SMA Brawijaya Smart School Malang Semester Genap Tahun Ajaran 2016/2017

LINA WINDI YATNI

Abstrak


ABSTRAK

 

Yatni, Lina Windi. 2017.Penerapan Model Pembelajaran Numbered HeadsTogether (NHT) UntukMeningkatkanKeaktifandanHasilBelajarSiswaPada Mata PelajaranEkonomiKelasX6 (X IPS 2) SMA Brawijaya Smart School Malang Semester GenapTahunAjaran 2016/2017. Skripsi, JurusanEkonomi Pembangunan FakultasEkonomiUniversitasNegeri Malang, Pembimbing: Dr. Hj. Lisa Rokhmani, M.Si.

 

Kata Kunci: Model Pembelajaran Numbered Heads Together, keaktifansiswa, danhasilbelajar.

 

Berdasarkan pengamatan pra penelitian, siswa kelas X6 (X IPS 2) dalam mengikuti proses pembelajaran memiliki keaktifan dan hasil belajar yang kurang. Fakta menunjukkan bahwa aktivitas belajar ekonomi siswa masih kurang, di antaranya kurangnya kemampuan siswa dalam mengajukan pertanyaan dan menjawab pertanyaan, respon terhadap pembelajaran juga kurang karena banyak siswa yang berbincang-bincang dengan teman sebangkunya ketika pelajaran berlangsung dan proses pembelajaran di kelas hanya didominasi oleh beberapa siswa yang berprestasi. Sedangkan data nilai rata-rata kelas X6 (X IPS 2) adalah dari 25 siswa di kelas tersebut hanya terdapat 8 siswa yang mendapat rata-rata nilainya > 70 dan 11 siswa lainnya mendapat rata-rata nilai < 70 serta 6 siswa mendapat rata-rata nilai KKM 70, jika dipresentasekan maka ketuntasan belajar di kelas ini hanya sebesar 56%. Temuan terhadap permasalahan di atas menggambarkan bahwa kualitas proses pembelajaran mata pelajaran Ekonomi yang berlangsung khususnya di kelas X6 (X IPS 2) SMA Brawijaya Smart School Malang dirasa masih kurang optimal.Denganmenerapkan model pembelajaranNumbered Heads Together (NHT)dapatmembantusiswadalammeningkatkan keaktifan dan hasil belajar.

Penelitianinimerupakanpenelitiantindakankelas (PTK)denganpendekatandeskriptif kualitatif, instrumen yang digunakandalampenelitianiniyaitulembarobservasi, catatanlapangan, dandokumentasi, format penilaian keaktifan peserta didik, serta soal pre-test dan post-test.Tujuandaripenelitianiniuntukmeningkatkankeaktifan dan hasilbelajarsiswakhususnyapadamatapelajaranEkonomikelasX6 (X IPS 2) SMA Brawijaya Smart School Malang. Dalampenelitianini, data yang diperolehberupakeaktifan siswa dan hasilbelajarsiswadari ranahkognitif, setelahditerapkannyamodel pembelajaranNumbered HeadsTohether (NHT).

Penelitianinimenunjukkanbahwaadanyapeningkatankeaktifandanhasilbelajarsiswasetelahpenerapan model pembelajaranNumbered Heads Together (NHT). Hal inidibuktikandengan adanyapeningkatankeaktifansiswapadasiklus I dengan rata-rata 68,1% menjadi76,75% padasiklus II dan meningkat lagi dengan rata-rata 79,75% pada siklus III. Sedangkanuntukhasilbelajarsiswajugamengalamipeningkatanpada siklus I yaitu72,00% menjadi80% padasiklus II dan meningkat lagi sebesar 88% pada siklus III.

            Berdasarkanhasilpenelitian yang telahdilakukan, dapatdiketahuibahwa : (1) Penerapan model pembelajaranNumbered Heads Together (NHT)mampumeningkatkankeaktifansiswapadamatapelajaranEkonomi. (2) Penerapan model pembelajaranNumbered Heads Together (NHT)mampumeningkatkanhasilbelajarsiswapadamatapelajaranEkonomi.