SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pengantar Ekonomi dan Bisnis Kelas XI Akuntansi Semester Ganjil SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen Kabupaten Malang Tahun Angkatan 2017/2018

Zahwa Wulandari.

Abstrak


ABSTRAK

 

Wulandari, Zahwa. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pengantar Ekonomi dan Bisnis Kelas XI Akuntansi Semester Ganjil SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen Kabupaten Malang Tahun Angkatan 2017/2018. Jurusan Ekonomi Pembangunan. Fakultas Ekonomi. Pembimbing: Drs. Sapir, S.Sos, M.Si.

 

Kata Kunci : Model Pembelajaran Jigsaw, Keaktifan, Hasil Belajar

 

            Permasalahan di dunia pendidikan semakin tahun semakin bertambah karena pendidikan mengalami kemajuan dari berbagai aspek. Pemerintah  telah menetapkan di dalam Kurikulum 2013 bahwa pembelajaran harus berpusat pada siswa dalam setiap pembelajaran. Tetapi di lapangan berdasarkan hasil observasi yang ditemukan peneliti di kelas XI Akuntansi SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen  adalah siswa yang tidak tertarik terhadap pembelajaran, bermain handphone dan tidur di belakang. Saat guru melakukan tanya jawab hanya beberapa siswa yang menjawab. Hal tersebut akan berpengaruh terhadap keaktifan dan hasil belajar mereka kurang dari KKM Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah tersebut agar lebih baik lagi. Penelitian ini juga untuk mengetahui  peningkatan tingkat keaktifan siswa dan hasil belajar setelah diterapkannya model pembelajaran jigsaw pada mata pelajaran pengantar ekonomi dan bisnis.

 

            Pendekatan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi, angket serta soal post test yang dilaksanakan setiap pertemuan. Penelitian ini berjalan selama 2 siklus. Subjek pada penelitian ini yaitu siswa kelas XI Akuntansi dengan jumlah 41 siswa.

            Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan keaktifan siswa pada siklus 1 (60,9%) ke siklus 2 (72,3%) dengan peningkatan sebesar  11,4%. Sedangkan untuk hasil belajar terjadi peningkatan dari 69,35 pada siklus 1 dan meningkat menjadi 77,64 pada siklus 2 dengan dengan presentase ketuntasan 26,13%.

            Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran jigsaw berjalan dengan baik. Pembelajaran jigsaw juga dapat meningkatkan keaktifan siswa dan hasil belajar siswa kelas XI Akuntansi SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen. Disarankan untuk guru ekonomi menerapkan model pembelajaran jigsaw dalam pembelajaran di kelas untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa, tetapi guru harus menyesuaikan dengan materi, alokasi waktu dan keadaan di lingkungan sekitar sekolah. Diharapkan untuk peneliti selanjutnya agar menggunakan populasi dan sampel penelitian yang lebih luas lagi serta materi pembelajaran yang lain agar hasil yang didapatkan lebih baik lagi.