SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Pembelajaran Ekonomi di Sekolah, Pendidikan Ekonomi Keluarga, Gaya Hidup, dan Jumlah Uang Saku terhadap Perilaku Konsumtif Siswa Kelas XII IPS SMA Negeri 8 Kediri Tahun Ajaran 2017/2018

Tiara . Wanodya

Abstrak


ABSTRAK

 

Wanodya, Tiara. 2017. “Pengaruh Pembelajaran Ekonomi di Sekolah, Pendidikan Ekonomi Keluarga, Gaya Hidup, dan Jumlah Uang Saku terhadap Perilaku Konsumtif Siswa Kelas XII IPS SMA Negeri 8 Kediri Tahun Ajaran 2017/2018”. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: Dr. Hari Wahyono, M.Pd.

 

Kata Kunci: Pembelajaran Ekonomi di Sekolah, Pendidikan Ekonomi Keluarga, Gaya Hidup, Jumlah Uang Saku, Perilaku Konsumtif.

 

Dampak globalsasi saat ini  membuat gaya hidup masyarakat semakin beragam. Masyarakat yang mengikuti perkembangan tersebut akan terpengaruh dalam perilaku konsumsinya. Fenomena yang terjadi dalam  masyarakat membuat siswa cenderung bersikap konsumtif. Dalam hal ini siswa membeli produk bukan sesuai kebutuhan namun berdasarkan keinginan saja. Siswa yang masih belum memiliki penghasilan sendiri menggunakan uang saku dari orang tuanya untuk berkonsumsi. Maka dari itu penerapan pendidikan ekonomi sangat berguna. Pendidikan ekonomi tersebut bisa didapat dari sekolah maupun keluarga.

Variabel independen dalam penelitian ini adalah pembelajaran ekonomi di sekolah, pendidikan ekonomi keluarga, gaya hidup, dan jumlah uang saku. Sedangkan perilaku konsumtif sebagai variabel dependen. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh antarapembelajaran ekonomi di sekolah, pendidikan ekonomi keluarga, gaya hidup, dan jumlah uang saku terhadap perilaku konsumtif baik secara simultan maupun parsial.

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan program  SPSS 21 for window . Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII IPS SMA Negeri 8 Kediri yang berjumlah 165 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposional random sampiling dan ditemukan sampel berjumlah 75 siswa. Teknik pengumpulan data melalui tes dan kuisioner.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran ekonomi di sekolah dan pendidikan ekonomi keluarga mempunyai pengaruh positif secara signifikan, sedangkan gaya hidup dan jumlah uang saku mempunyai pengaruh negatif secara signifikan terhadap perilaku konsumtif siswa.Untuk pembelajaran ekonomi di sekolah dan pendidikan ekonomi keluarga mempunyai pengaruh negatif secara signifikan terhadap gaya hidup siswa kelas XII SMA Negeri 8 Kediri. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa sumbangan efektif pembelajaran ekonomi di sekolah sebesar 14,38%, pendidikan ekonomi keluarga sebesar 15,42%, gaya hidup sebesar 18,30%,  jumlah uang saku sebesar 19,41%, dan sisanya sebesar 32,48% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain diluar pembelajaran ekonomi di sekolah, pendidikan ekonomi keluarga, gaya hidup, dan jumlah uang saku.Saran dalam penelitian ini yaitu bagi guru atau pihak sekolah hendaknya menanamkan nilai-nilai  sikap dan perilaku yang baik dalam berkonsumsi. Bagi orang tua hendaknya lebih meningkatkan pendidikan ekonomi kepada anak baik dengan pembiasaan, pemberian contoh dan penjelasan yang bijak mengenai cara berkonsumsi atau menjadi konsumen yang baik.