SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Efektivitas Himpunan Pemandu Wisata Khusus Wisata Ijen dalam Pengembangan Taman Wisata Alam Kawah Ijen Kabupaten Banyuwangi

Lambang Wisesa

Abstrak


ABSTRAK

 

Wisesa, Lambang. 2017. EfektivitasHimpunan Pemandu Wisata Khusus Wisata Ijen dalam Pengembangan Taman Wisata Alam Kawah Ijen Kabupaten Banyuwangi.Skripsi, ProgamStudi S1 EkonomiPembangunan, JurusanEkonomi Pembangunan, FakultasEkonomi, UniversitasNegeri Malang. Pembimbing: Dr. Mit Witjaksono, MS.Ed.

 

Kata Kunci:Efektivias, Himpunan,Pengembangan Taman Wisata Alam Kawah Ijen.

 

Efektivitas himpunan pemandu wisata khusus wisata ijen berfokus pada pengembangan wisata alam kawah ijen. Perencanaan program-program wisata dalam rangka pengembangan dan upaya peningkatan kunjungan wisatawan ke taman wisata alam kawah ijen. Prinsip efektivitas perlu diperhatikan untuk mengambil keputusan yang benar. Tujuan dari penelitian ini yaitu melihat apakah dari proses pelaksanaan progam-program, pemanfaatan fungsi operasional dan fungsi fisik himpunan pemandu wisata khusus wisata ijen telah memperhatikan kode etik organisasi dan prinsip efektivitas atau belum. Dan juga bagaimana cara meningkatkan efektivitas tersebut.

Penelitian yang digunakan adalah penelitian deskirptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang dibutuhkan adalah data jumlah kunjungan wisatawan nusantara dan mancanegara. Peneliti bertindak sebagai instrumen dalam mengumpulkan data. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data tersebut adalah dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi.

Dari hasil analisis data, peneliti mendapatkan data tingkat efektivitas himpunan pemandu wisata khusus wisata ijen. Pertama, dari segi pelaksanaan program-program yang telah direncanakan memberikan dampak peningkatan sumber daya manusia anggota himpunan pemandu wisata khusus wisata ijen. Kedua, pemanfaatan fungsi fisik sangat membantu dalam pelaksanaan kegiatan wisata. Dan Ketiga, pemanfaatan fungsi operasional dapat mengatur kelancaran pelayanan jasa pemadu wisata sehingga memberikan kepuasan wisatawan atas terpenuhinya permintaan dan kebutuhan kegiatan wisata, bisa diartikan pengelolaan himpunan pemandu wisata khusus wisata ijen efektif dan memberikan dampak positif terhadap peningkatan jumlah kunjungan wisatawan nusantara dan mancanegara serta  pengembangan taman wisata alam kawah ijen.