SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Strategi Pengembangan Kampung Wisata Jodipan dalam Upaya Peningkatan City Branding Kota Malang

Nur Chikmah Imanniyah

Abstrak


ABSTRAK

 

Imanniyah, Nur Chikmah. 2017. Strategi Pengembangan Kampung Wisata Jodipan dalam Upaya Peningkatan City Branding Kota Malang. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Imam Mukhlis, S. E., M. Si.

 

Kata Kunci: Pengembangan Wisata, Objek Wisata, City Branding

 

Industri pariwisata berhubungan erat dengan sektor ekonomi. Karena tujuan dari pengembangan wisata adalah membangun perekonomian masyarakat pada khususnya. Dalam memasarkan suatu wisata, dibutuhkan city branding. Maksud dari city branding sendiri adalah membentuk suatu citra atau image bagi suatu kota, khususnya di bidang pariwisata.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pengembangan pada Kampung Wisata Jodipan and dampaknya terhadap masyarakat, serta city branding Kota Malang. Selain itu dalam penelitian ini juga akan digali peran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Malang dalam pengembangan Kampung Wisata Jodipan. Penelitian ini menggunakan pendekatan dan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Prosedur pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi.

Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa pengembangan wisata sudah terwujud di Kampung Wisata Jodipan. Keberadaan objek wisata juga memberikan dampak pada peluang kerja yang tercipta, yaitu sebagai penjaga loket masuk, jasa parkir kendaraan, penjaga toilet umum, usaha warung makanan, jasa tour guide, dan usaha lain yang ikut berkembang seiring banyaknya kunjungan wisatawan. Berdampak pula pada perbaikan fisik rumah warga. Hasil penelitian ini juga menunjukkan kurang maksimalnya peran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Malang karena hanya berkontribusi sebagai fasilitator dari segi promosi wisata dan belum ada bantuan pendanaan.

Saran dalam penelitian ini adalah (1) masyarakat sebaiknya memperluas lahan parkir, lebih aktif dalam pengembangan objek wisata, mengembangkan keahliannya di bidang pembuatan oleh-oleh atau souvenir, dan melakukan promosi melalui akun sosial media dan website khusus (2) Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Malang sebaiknya meningkatkan sektor pendukung objek wisata, memberi bantuan kedit lunak kepada masyarakat, serta mengadakan pelatihan mengenai pembuatan kerajinan atau souvenir.