SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh minat mahasiswa menjadi guru dan pendapatan orangtua terhadap hasil belajar mahasiswa program studi s1 pendidikan ekonomi universitas negeri malang angkatan 2013

Ahmad Syafii

Abstrak


ABSTRAK

 

Syafii, Ahmad. 2017. Pengaruh Minat Mahasiswa Menjadi Guru dan Pendapatan Orangtua terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Malang Angkatan 2013.Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Achmad Ali Wafa, M.Pd

 

Kata Kunci : Hasil Belajar, Minat Menjadi Guru, Pendapatan Orang Tua

 

Minat mahasiswa menjadi guru merupakan suatu ketertarikan terhadap profesi guru sehingga akan meluangkan waktu, tenaga, pikiran bahkan uangnya untuk memenuhi atau mewujudkan impiannya menjadi guru. Mahasiswa yang memiliki perekonomian yang cukup akan mendapat sarana dan prasarana yang cukup juga, sedangkan perekonomian keluarga yang kurang mencukupi maka sarana dan prasarana untuk belajarnya juga tidak terpenuhi. ada dua faktor yang berhubungan dengan prestasi belajar, yaitu faktor intern dan ekstern. Faktor intern meliputi tiga faktor yaitu jasmani, psikologis dan kelelahan. Didalam faktor intern ini terdapat faktor yang paling penting yaitu faktor psikologis. Faktor psikologis biasanya diwujudkan melalui intelegensi, perhatian, minat, bakat, motivasi, kematangan, dan kesiapan. Faktor minat inilah yang sangat berperan penting dalam penentuan tinggi rendahnya hasil belajar.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat mahasiswa menjadi guru dan pendapatan orangtua terhadap hasil belajar mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi Angkatan 2013 Universitas Negeri Malang.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif menggunakan analisis regresi berganda, dimana data yang diperoleh adalah data primer berupa hasil kuisioner dengan pihak yang bersangkutan melalui media Google form yang dikirim ke grup WA (whats app) kelas yang berjumlah 3 kelas. Jumlah sampel adalah 63 mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Malang.

Hasil penelitian menujukkan, untuk minat mahasiswa menjadi guru terdapat 41 orang (65,08%) pada kategori sangat tinggi. Pada pendapatan orang tua terdapat 39 orang (61,9%) pada kategori sangat tinggi dan hasil belajar mahasiswa jurusan pendidikan ekonomi angkatan 2013 pada kategori sangat memuaskan IPK (indeks prestasi komulatif) 2,76 – 3,50 yaitu sebanyak 37 mahasiswa (59%).

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa minat mahasiswa menjadi guru memiliki pengaruh terhadap hasil belajar mahasiswa pendidikan ekonomi angkatan 2013, pendapatan orangtua memiliki pengaruh terhadap hasil belajar mahasiswa pendidikan ekonomi angkatan 2013, sedangkan minat mahasiswa menjadi guru dan pendapatan orang tua  memiliki hubungan dengan hasil belajar mahasiswa.

Diharapkan untuk peneliti selanjutnya yang ingin melakukan penelitian yang sejenis, hendaknya menambah variabel lain misalnya, pengalaman PPL, kesiapan mengajar, motivasi mengikuti PPG (Pendidikan Profesi Guru) dan lain-lain. Sehingga penelitian-penelitian tersebut akan saling melengkapi dan pada akhirnya dapat ditarik kesimpulan secara komprehensif (menyeluruh).