SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Pengelolaan Keuangan Usaha Mandiri (Studi kasus UMKM Wahyu Tumurun di Kecamatan Taman Kota Madiun)

WILLIS KURNIARGO ABDULLAH

Abstrak


ABSTRAK

 

Abdullah, Willis Kuniargo. 2017. AnalisisPengelolaan Keuangan Usaha Mandiri (Studi kasus UMKM Wahyu Tumurun diKecamatan Taman Kota Madiun).Skripsi, JurusanEkonomi Pembangunan, FakultasEkonomi, UniversitasNegeri Malang, Pembimbing: Dr. AgusSumanto, SE, M.SA.

 

Kata kunci :Pengelolaan Keuangan, UMKM.       

 

Dalam pembangunan ekonomi UMKM selalu digambarkan mempunyai peranan penting dalam perkembangan kegiatan usaha baik tradisional maupun modern. Peranan UMKM saat ini sangat penting selain sebagai sumber mata pencaharian orang banyak, UMKM juga menyediakan lapangan pekerjaan secara langsung. Sebagai kelompok kecil UMKM masih mengalami berbagai hambatan internal maupun eksternal, yang sering menjadi kendala utama disini adalah permodalan dan kurangnya pengetahuan tentang pengelolaan keuangan.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis lebih mendalam tentang pengelolaan keuangan yang terjadi di dalam UMKM Wahyu Tumurun, dimana masih terdapat banyak UMKM yang gagal dalam pengelolaan keuangan.

Metode yang digunakan penelitian ini adalah metode kualitatif. Data primer yang dipaparkan berupa hasil wawancara dari pihak yang bersangkutan, serta data sekunder berupa olahan data yang dapat dipertanggung jawabkan melalui wawancara, studi pustaka, dan internet.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengelolaan yang terjadi di dalam UMKM Wahyu Tumurun masih mencampur seluruh pendapatan dengan modal pribadi. Rendahnya pengetahuan tentang pengelolaan yang terjadi di dalam UMKM Wahyu Tumurun dimana masih belum dapat memisahkan antara pendapatan dengan uang pribadi