SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH VARIABEL MAKROEKONOMI TERHADAP JUMLAH DEPOSITO MUDHARABAH BANK SYARIAH (Studi Pada Bank Muamalat Periode 2008-2016)

Ervanda Yusuf Ramadhan

Abstrak


ABSTRAK

 

Ramadhan, Ervanda Yusuf. 2017. Pengaruh Variabel Makroekonomi terhadap Jumlah Deposito Mudharabah Bank Syariah. Studi Kasus pada Bank Muamalat Indonesia Periode 2008-2016. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Dwi Wulandari, S.E, M.M.

 

Kata Kunci: Jumlah Deposito Mudharabah, Inflasi, Nilai Tukar, Produk Domestik Bruto

 

Kinerja ekonomi di negara manapun tergantung pada sektor keuangannya. Di Indonesia sektor perbankan terdiri dari dua yaitu Bank Konvensional dan Bank Syariah. Bank konvensional berlawanan dengan prinsip-prinsip Islam dan karena itu terlarang. Disisi lain, bank syariah selalu mengalah dan beroperasi sesuai dengan hukum Islam. Bank syariah berbeda baik dalam aset dan kewajiban daripada bank konvensional. Bank Syariah merupakan bank yang beroperasi dengan tidak mengandalkan pada bunga atau disebut sistem bagi hasil.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel makroekonomi yang di wakili oleh inflasi, nilai Tukar (kurs), dan roduk domestik bruto terhadap jumlah deposito mudharabah pada  Bank Muamalat Indonesia periode 2008-2016. Data yang digunakan adalah data sekunder berupa time series. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan analisis regresi berganda. Data penelitian ini menggunakan data publikasi Bank Indonesia mengenai inflasi dan nilai tukar, data publikasi Badan Pusat Statistik mengenai produk domestik bruto serta data publikasi Bank Muamalat Indonesia mengenai tingkat bagi hasil dalam jumlah deposito mudharabah.

Berdasarkan hasil analisis data, bahwa secara parsial inflasi, nilai tukar rupiah (kurs) dan produk domestik bruto berpengaruh terhadap jumlah deposito mudharabah. Sedangkan secara simultan inflasi, nilai tukar rupiah (kurs) dan produk domestik bruto berpengaruh terhadap jumlah deposito mudharabah. Menurut tabel determinasi variabel Jumlah Deposito Mudharabah mampu dijelaskan oleh variabel bebas sebesar 77,3%, sisanya dijelaskan variabel lain yang tidak dijelaskan dalam model.