SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua Dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Sisiwa Kelas XI IIS SMA Negeri 1 Tumpang

bimo wandar bagaskoro

Abstrak


ABSTRAK

 

Bagaskoro, Bimo Wandar. 2016. Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua dan Gaya Hidup terhadap Perilaku Konsumtif Siswa XI IIS SMAN 1 Tumpang. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Lisa Rokhmani, M.Si (II) Drs. Mardono, M.Si.

 

Kata Kunci:  Perilaku Konsumtif, Gaya Hidup, dan Status Sosial Ekonomi Orang            Tua.

 

Remaja  sering dijadikan  target bagi pemasaran berbagai produk industri karena karakteristik mereka yang labil, spesifik dan mudah dipengaruhi sehingga akhirnya mendorong munculnya berbagai gejala dalam perilaku yang tidak wajar. Alasannya  karena  sedang  mengikuti  arus  mode,  hanya  ingin  mencoba  produk baru,  ingin  memperoleh  pengakuan  sosial. Sikap seperti inilah yang kemudian menimbulkan perilaku konsumtif pada remaja. Perilaku konsumtif sendiri dipengaruhi oleh banyak faktor seperti status sosial ekonomi orang tua dan gaya hidup.

 

Rumusan masalah yang diajukan dalam penelitian ini adalah (1) Apakah terdapat pengaruh status sosial ekonomi orang tua terhadap perilaku konsumtif siswa kelas XI IIS SMAN 1 Tumpang? (2) Apakah terdapat pengaruh gaya hidup terhadap perilaku konsumtif siswa kelas XI IIS SMAN 1 Tumpang (3) Apakah terdapat pengaruh simultan antara status sosial ekonomi orang tua dan gaya hidup terhadap perilaku konsumtif siswa kelas XI IIS SMAN 1 Tumpang?

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IIS SMAN 1 Tumpang tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 171 siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini berdasarkan rumus Slovin dengan menggunakan teknik “random sampling”, dan diperoleh 120 responden.

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif, dengan teknis analisis regresi linear berganda. Variabel penelitian antara lain: status sosial ekonomi orang tua(X1), gaya hidup(X2),  dan perilaku konsumtif (Y). Teknik pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner.

Berdasarkan hasil isi dari penelitian ini adalah (1) status sosial ekonomi orang tua berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif siswa kelas XI IIS SMAN 1 Tumpang. (2) gaya hidup berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif siswa kelas XI IIS SMAN 1 Tumpang. (3) status sosial ekonomi orang tua dan gaya hidup berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif siswa kelas XI IIS SMAN 1 Tumpang status sosial ekonomi orang tua berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif siswa kelas XI IIS SMAN 1 Tumpang. Oleh karena itu, diharapkan siswa seharusnya tidak melakukan konsumsi yang berlebihan serta memprioritaskan membeli barang yang dibutuhkan untuk keperluan sekolah dan kebutuhan lainnya sehingga dapat mengelola keinginan dengan baik.