SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis pengaruh tenaga kerja, modal dan teknologi terhadap produksi industri kecil mebel di Desa Sukorejo, Kecamatan Bojonegoro.

Gilang Dwi Ariani

Abstrak


ABSTRAK

 

Ariani, Gilang Dwi. 2017. Analisis pengaruh tenaga kerja, modal dan teknologi terhadap produksi industri kecil mebel di Desa Sukorejo, Kecamatan Bojonegoro. Skripsi. Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negri Malang. Pembimbing : Dr. Agus Sumanto, S.E.,M.SA.

 

Kata kunci : Tenaga kerja, modal, teknologi dan produksi

 

Kabupaten Bojonegoro merupakan salah satu Kabupaten di Provinsi Jawa Timur yang memiliki berbagai sektor komoditi unggulan, pertanian, perkebunan, kehutanan dll. Komoditi hutan kayu jati menjadi primadona. Desa Sukorejo merupakan salah satu lokasi industri mebel yang besar. Faktor-faktor produksi memiliki peranan penting, yaitu semua unsur yang menopang usaha penciptaan nilai barang/jasa yang terdiri dari sumber daya alam, tenaga kerja, teknologi, dan skill.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tenaga kerja, modal dan teknologi terhadap produksi industri kecil mebel di Desa Sukorejo  Kecamatan Bojonegoro. Lokasi penelitian dan menjadikan produsen mebel yang  ada disana sebagai populasi dan sampel. Jumlah populasi adalah sebesar 81 unit usaha sampel menggunakan metode purposive sampling, yaitu industri yang melakukan proses produksi dari bahan mentah sampai bahan jadi, industri mebel yang menggunakan input kayu jati seutuhnya dan industri mebel yang menggunakan tenaga kerja yang sepenuhnya bekerja di indu stri mebel. 36 unit industri mebel sebagai sampel. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan analisis data menggunkan metode regresi linier berganda.

Hasil penelitian menunjukan bahwa secara bersama-sama faktor produksi tenaga kerja, modal dan teknologi berpengaruh positif dan signifikan terhadap produksi mebel. Sedangkan secara parsial (1) Jumlah tenaga kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap produksi industri mebel. (2) Jumlah modal berpengaruh positif fan signifikan terhadap produksi industri mebel. (3) Teknologi berpengaruh positif dan signifikan terhadap produksi industri mebel di Desa Sukorejo, Kecamatan bojonegoro.