SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Implementasi Good Corporate Governance dalam Meningkatkan Profitabilitas Perusahaan PT. Industri Gula Glenmore (IGG) Kabupaten Banyuwangi.

Elkilani Kurnia Maharani Rohman

Abstrak


ABSTRAK

 

Rohman,ElkilaniKurnia Maharani. 2017.ImplementasiGood Corporate Governance dalamMeningkatkanProfitabilitas Perusahaan PT. IndustriGula Glenmore (IGG) KabupatenBanyuwangi. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. H. Sugeng Hadi Utomo, M.S.

 

Kata Kunci:Good Corporate Governance, Profitabilitas

 

Fokus penelitian ini adalah mengetahui implementasi Good Corporate Governance yakni prinsip transparansi, akuntabilitas, dan responsibilitas dalam meningkatkan profitabilitas pada PT. Industri Gula Glenmore di Kabupaten Banyuwangi. Hal tersebut dipilih menjadi fokus penelitian sebab PT. Industri Gula Glenmore (IGG) merupakan perusahaan anak induk dari PTPN XII dengan penghasil Komoditi Gula Nasional, dimana perusahaan baru dapat bersaing baik harus memiliki sistem Tata Kelola yang baik yaitu dengan menerapkan prinsip-prinsip Good Corporate Governance.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pengambilan responden dilakukan dengan purposive sampling dalam penelitian ini adalah para pegawai Manager dan Wakil Manager di masing-masing bagian yakni Bagian Pengadaan, Bagian Keuangan dan Akuntansi, Bagian SDM dan UMUM di PT. IGG Kabupaten Banyuwangi. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah pada 1 perusahaan yakni PT. Industri Gula Glenmore (IGG) Desa Karangharjo, Kecamatan Glenmore, Kabupaten Banyuwangi. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Sedangkan prosedur pengumpulan data dilakukan dengan observasi langsung, wawancara secara langsung, dokumentasi, dan studi literatur.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi good corporate governance prinsip transparansi, adanya penyampaian informasi mengenai perubahan ketentuan perusahaan, syarat, ruang lingkup, serta kerjasama pengerjaan proyek tender. Prinsip akuntabilitas, pada pelaksanaan pelaporan pertanggungjawaban keuangan yang melalui proses verifikasi secara detail dan dapat di pertanggungjawabkan sudah sangat akuntabel. Prinsip responsibilitas, pada dimensi sosial dan ekonomi dalam bentuk moril maupun materiil sudah tepat, namun program tanggung jawab sosial dalam pengungkapan (CSR) perusahaan ini pelaksanaannya belum secara maksimal diterapkan oleh perusahaan dikarenakan perusahaan PT. IGG masih baru. Dari hasil penelitian ini diharapkan perusahaan dapat menerapkan sistem tata kelola perusahaan yang baik dalam pencapaian keuntungan perusahaan yang terukur dari ketiga prinsip Good Corporate Governance.