SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PERBANDINGAN PENINGKATAN CRITICAL THINKING SKILLS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT DAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IIS SMA BRAWIJAYA SMART SCHOOL MALANG

Octaviana Kusuma Lestari

Abstrak


ABSTRAK

 

Lestari, Octaviana Kusuma. 2017. Perbandingan Peningkatan Critical Thinking Skills Siswa Melalui Model Pembelajaran Cooperative Script dan Problem Based Learning (PBL) Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IIS SMA Brawijaya Smart School MalangSkripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Hj. Sri Umi Mintarti Widjaja, S.E., M.P., Ak.

 

Kata Kunci: critical thinking skillsproblem based learningcooperative script.

 

Critical thinking skills merupakan salah satu keterampilan yang dapat menjadikan siswa untuk dapat mengambil keputusan yang tepat dengan pertimbangan dan indikator kritis tertentu. Keterampilan ini penting untuk dimiliki dan ditingkatkan bagi siswa, utamanya dalam hal ekonomi. Dalam usaha meningkatkan critical thinking skillssiswa, salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan menerapkan model pembelajaran inovatif yang sesuai. Terdapat beberapa model pembelajaran yang dapat meningkatkan critical thinking skills siswa, diantaranya adalah Cooperative Script dan Problem Based Learning (PBL).

Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui critical thinking skills siswa melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada mata pelajaran Ekonomi kelas XI IIS SMA Brawijaya Smart School Malang; (2) untuk mengetahui critical thinking skills siswa melalui model pembelajaran Cooperative Script pada mata pelajaran Ekonomi kelas XI IIS SMA Brawijaya Smart School Malang; (3) untuk mengetahui perbandingan peningkatan critical thinking skills siswa melalui model pembelajaran Cooperative Script dan Problem Based Learning (PBL) pada mata pelajaran Ekonomi kelas XI IIS SMA Brawijaya Smart School Malang.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian quasi eksperimen, dan rancangan penelitian pretest-post test, non-equivalent multiple group design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IIS SMA Brawijaya Smart School Malang, yaitu kelas XI IIS 1 dan XI IIS 2. Data diperoleh melalui tes, dan dianalisis dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan critical thinking skills siswa melalui model pembelajaran Cooperative Script dan Problem Based Learning (PBL) pada mata pelajaran Ekonomi kelas XI IIS SMA Brawijaya Smart School Malang, dimana ciritical thinking skills siswa lebih meningkat dengan penerapan model pembelajaran Cooperative Script dengan peningkatan sebesar 25,68% sehingga critical thinking skills yang semula sebesar 59,55% (rendah) menjadi 85,23% (sangat tinggi), sedangkan dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL), maka crirtical thinking skills siswa meningkat sebesar 19,68%, yaitu critical thinking skills yang semula sebesar 59,84% (rendah) menjadi 79,53% (tinggi). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Cooperative Script dapat lebih meningkatkan critical thinking skills siswa pada mata pelajaran Ekonomi kelas XI. Sehingga bagi guru, dapat menjadikan model pembelajaran Cooperative Script dan Problem Based Learning (PBL) sebagai variasi model pembelajaran dalam upaya peningkatan critical thinking skills siswa.