SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Strategi Pengembangan Usaha Pada `Sentra Umkm Untuk Meningkatkan Jumlah Produksi (Studi Kasus Pada Sentra Umkm Tenun Ikat Di Bandar Kidul Kota Kediri).

Muhammad Yufrizal Rizqi

Abstrak


ABSTRAK

 

Rizqi, M. Yufrizal. 2017. AnalisisStrategiPengembangan Usaha Pada`Sentra UmkmUntukMeningkatkanJumlahProduksi (StudiKasusPada Sentra UmkmTenun Ikat Di Bandar Kidul Kota Kediri). Skripsi. JurusanEkonomi Pembangunan, FakultasEkonomi, UniversitasNegeri Malang. Pembimbing : Dr. Imam Muklis, S.E., M.Si.

 

Kata Kunci: strategi pengembangan, usaha, UMKM.

 

UMKM mempunyai posisi yang vital bagi kekuatan perekonomian nasional yang tentunya dapat memberikan sumbangsih yang besar bagi pendapatan negara. Sehingga akan memberikan dampak positif bagi peningkatan ekonomi negara, terutama       untuk negara berkembang. Mengingat sifat UMKM yang tangguh dalam menghadapi segala macam tantangan kondisi ekonomi, strategi pengembangan usaha UMKM dirasa sangat perlu untuk diterapkan. Dengan demikian, semua permasalahan yang dihadapi UMKM sebaiknya dijadikan input atau bahan pertimbangan dalam merumuskan strategi pengembangannya agar strategi tersebut bersifat komprehensif dan dapat berjalan secara efektif dan efisien.

Peneliti memilih Sentra UMKM Tenun Ikat Bandar Kidul Kota Kediri sebagai lokasi penelitian dan menjadikan pelaku usaha UMKM Tenun Ikat sebagai informan dengan menggunakan wawancara serta kuisioner (angket). Pengumpulan data menggunakan data primer. Penelitian ini menggunakan metode kualtitatif dengan alat analisis matriks sebagai berikut: (1) IFAS, (2) EFAS, (3) IE (Internal Eksternal), (4) SWOT, (5) QSP.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang tepat untuk diterapkan pada UMKM Tenun Ikat Bandar Kidul ini adalah mengoptimalkan media online, mamantau perkembangan produk, dan menambah wawasan tenaga kerja. Penelitian ini memberikan saran kepada pelaku usaha Tenun Ikat perlu mengoptimalan media online sehingga menambah luas jaringan pasar, tetapi juga harus di iringi dengan penambahan wawasan pengetahuan tenaga kerja agar tidak gagap dalam hal teknologi, agar setiap tenaga kerja tidak hanya mampu memproduksi, tapi juga dapat melakukan promosi, serta juga harus dilakukan pemantauan penawaran dan permintaan juga harus di pantau secara berkala untuk menunjang hasil produksi, penjuaalan, dan peningkatan penghasilan UMKM Tenun Ikat Bandar Kidul Kota Kediri.