SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis NPF, CAR, Inflasi Dan PDB Terhadap Profitabilitas Bank Umum Syariah Di Indonesia Periode 2010-2016

Indri Dwi Rahayu

Abstrak


ABSTRAK

 

Rahayu, Indri Dwi. 2017. Analisis NPF, CAR, Inflasi Dan PDB Terhadap Profitabilitas Bank Umum Syariah Di Indonesia  Periode 2010-2016. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: Thomas Soseco, S.E., M.Sc

 

Kata kunci : NPF, CAR, Inflasi, PDB, ROA

 

Perekonomian pasti memiliki hubungan dengan dunia keuangan dan perbankan. Pertumbuhan ekonomi tergantung pada baik buruknya keuangan negara juga baik atau tidaknya peran perbankan dalam suatu negara. Perbankan adalah salah satu lembaga keuangan yang merupakan sarana pendorong kemajuan tingkat ekonomi suatu Negara. Perbankan di Indonesia dibagi menjadi dua jenis, diantaranya bank konvensional dan bank syariah. Perbankan syariah menjalankan fungsi intermediasi berdasarkan prinsip-prinsip syariah dalam agama islam. Untuk melihat tingkat kondisi perbankan dapat dilihat dari profitabilitas yang diukur dari return on asset (ROA). Objek yang digunakan untuk mengukur tingat ROA dapat dilihat dari dua faktor yakni faktor internal non performing financing (NPF) dan capital adequacy ratio (CAR), sedangkan dari faktor eksternal adalah inlasi dan PDB.

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh NPF, CAR, Inflasi, dan PDB terhadap profitabilitas Bank Umum Syariah di Indonesia periode tahun 2010-2016. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif agresi linier berganda  dan teknik pengumpulan data menggunakna metode dokumentasi. Dokumen yang digunakan merupakan laporan keuangan tahunan masing-masing bank dan data dari BPS. Teknik yang analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu regresi linier berganda yang bertujuan untuk memperoleh gambaranmenyeluruh mengenai hubungan antara variabel, sedangkan uji asumsi klasik yang digunakan penelitian ini meliputi uji normalitas, uji autikorelasi, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial NPF dan inflasi memiliki pengaruh negatif terhadap ROA Bank Umum Syariarh periode tahun 2010-2016, sedangkan CAR dan PDB memiliki pengaruh positif terhadap ROA Bank Umum Syariah periode tahun 2010-2016. Secara simultan variabel NPF, CAR, Inflasi, dan PDB berpengaruh signifikan terhadap ROA Bank Umum Syariah periode tahun 2010-2016 sebesar 48,3% ,  sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain diluar dari model penelitian. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi pedoman bagi manajemen Bank Umum Syariah dalam mengelolah perusahaan.