SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

EFEKTIVITAS PENGELOLAAN DANA DESA DI DESA JATI KECAMATAN TAROKAN KABUPATEN KEDIRI

Nur Aini Ma'rifah

Abstrak


 

Ma’rifah, Nur Aini. 2017. Efektivitas Pengelolaan Dana Desa Di Desa Jati Kecamatan Tarokan Kabupaten Kediri. Skripsi, Program Studi S1 Ekonomi Pembangunan, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Mit Witjaksono, MS. Ed.

Kata Kunci:Efektivitas, Pengelolaan Dana Desa.

            Dana Desa ialah salah satu sumber pendapatan desa yang pada umumnya masih menjadi pendapatan utama bagi desa yang digunakan untuk pembangunan infrastruktur desa dan pemberdayaan masyarakat desa. Berdasarkan Permendes No. 21 Tahun 2015 tentang Penetapan Prioritas Penggunaan Dana Desa tahun 2016 yang menyebutkan bahwa prioritas penggunaan dana desa dipergunakan untuk pembangunan infrastruktur desa dan pemberdayaan masyarakat desa. Mengacu pada peraturan tersebut pemerintah Desa Jati Kecamatan Tarokan Kabupaten Kediri merencanakan pengelolaan Dana Desa tahun 2016 dalam rencana kerja pemerintah desa (RKP) tahun anggaran 2016 agar dapat dikelola secara efektiv dan tepat sasaran.

            Penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang dibutuhkan dalam penelitian ini adalah data anggaran penerimaan dana desa serta data Rencanaan Kerja Desa. Pengumpulan data tersebut dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.

            Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik perencanaan hingga pertanggungjawaban Pengelolaan Dana Desa sudah dilakukan dengan baik, namun ada beberapa kendala dalam pelaksanaannya yaitu bentuk partisipasi masyarakat yang kurang maksimal, kurangnya sosialisasi kepada masyarakat, kurangnya partisipasi Badan Permusyawaratan Desa (BPD) serta kurangnya perhatian terhadap pemberdayaan masyarakat seperti program KB dan kegiatan posyandu, program tersebut berjalan sama seperti dahulu ketika belum ada dana desa.