SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENGELOLAAN DANA DESA DALAM PEMBANGUNAN DI DESA LOLAWANG KECAMATAN NGORO KABUPATEN MOJOKERTO

Widyawatus Solikhah

Abstrak


ABSTRAK

 

Solikhah, Widyawatus. 2017. Implementasi Kebijakan Pengelolaan Dana Desa dalam Pembangunan di Desa Lolawang Kecamatan Ngoro Kabupaten Mojokerto. Skripsi, Progam Studi S1 Ekonomi Pembangunan, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Mit Witjaksono, MS. Ed.

Kata Kunci: Good Governance, Implementasi Kebijakan, Dana Desa

Dana Desa (DD) digunakan untuk membiayai penyelenggaraan pemerintah,  pembangunan,  pemberdayaan  masyarakat dan kemasyarakatan. Yang diperioritaskan untuk pembiayaan pelaksanaan program pembangunan dan pembiayaan program serta kegiatan didesa di bidang pemberdayaan masyarakat di desa.             Mengenai  Dana Desa, masih banyak kelemahan yang muncul ketika dana ini dimanfaatkan. Tujuan dari penelitian ini dilakukan sebagai sejauh mana implementasi kebijakan pengelolaan Dana Desa (DD) dalam prinsip good governence berdasarkan  akuntabilitas, transparasi dan partisipasi, agar penyaluran dana tersebut dapat tepat sasaran dan sesuai dengan tujuan yang diharapkan.

 

Penelitian ini menggunakan pendekatan survei dan eksplorasi lapangan dengan menggunakan data kuantitatif  dan  kualitatif. Data yang dibutuhkan adalah data tentang jumlah alokasi, tingkat parisipasi, proses pengalokasian,akuntabilitas dan transparasi pertanggung jawaban. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data tersebut adalah dengan pengamatan lapangan, wawancara, dan kuesioner.

            Hasil penelitian peneliti mendapatkan Implementasi good governance pada prinsip partisipasi meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan dalam pemberdayaan masyarakat dapat dinilai sudah hamper  maksimal, karena dari tahap perencanaan hingga pengawasan  para pelaku pemberdayaan ikut serta secara aktif baik dari berbagai program yang diselenggarakan taupun yang bersifat swadaya. Tapi disayangkan  pada pembangunan masyarakat masih belum dapat berpatisipasi secara maksimal, karena tenaga kerja utama dalam proses pembangunan bukan berasal dari warga Desa Lolawang sendiri, melainkan dari desa tetangga. Implementasi good governance dalam prinsip akuntabilitas dilihat dari pelaksanaan dan pelaporan. Dari bentuk pelaksanaan serta pelaporan pengelolaan Dana Desa Menurut Akuntabilitas yaitu telah sesuai dengan RAP dan RKP Desa. Laporan Dana Desa (DD)  di Desa Lolawang seimbang antara penerimaan dan pengeluaran, semua program bisa dilaksanakan dengan baik. Implementasi good governance dalam prinsip transparasi dapat dilihat dari keterbukaan dan tanggung jawab. Transparasi belum berjalan maksimal, karena tingkat SDM yang masih rendah sehingga pemerintah harus terjun langsung dan melakukan pendekatan agar informasi bisa diterima oleh masyarakat