SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN PETANI KENTANG DI DESA SUMBERBRANTAS KECAMATAN BUMIAJI KOTA BATU

Devi Atika Sari

Abstrak


ABSTRAK

Sari, Devi Atika. 2017. Analisis Faktor-Faktor Yang mempengaruhi Pendapatan Petani Kentang Desa Sumberbrantas Kecamatan Bumiaji Kota Batu. Skripsi. Program S1 Ekonomi dan Studi Pembangunan, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakutas Ekonomi, Universitas Negeri Malang, Pembimbing Dr. Sugeng Hadi Utomo, M.S.

Kata Kunci : Petani Kentang, Kondisi pertanian, Pendapatan, Peran Pemerintah

Sektor pertanian merupakan sektor yang sangat penting perannya dalam perekonomian di Indonesia yang sedang berkembang. Hal tersebut dapat dilihat dari peranan sektor pertanian didalam menampung penduduk serta memberikan kesempatan kerja kepada penduduk. Banyak program yang digulirkan pemerintah untuk petani, salah satunya adalah program peningkatan produksi pertanian. Suatu keberhasilan dipengaruhi oleh berbagai macam faktor seperti modal, tenaga kerja, luas lahan, kondosi alam dan peran pemerintah. Peneltian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pendapatan petani kentang desa Sumberbrantas kecamatan Bumiaji Kota Batu.

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Populasi peelitian ini adalah Petani Kentang Desa Sumberbrantas kecamatan Bumiaji Kota Batu dengan metode penentuan sampel berupa Purposive Sampling . Penelitian ini dilakukan di Desa Sumberbrantas dan Dinas pertanian dengan mewawancarai 5 petani kentang sebagai responden, 1 perangkat Desa Sumberbrantas dan 1 Kabid dinas pertanian kota Batu informan.

Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan menunjukkan bahwa kondisi pertanian Desa Sumberbrantas dilihat dari factor alam, luas lahan, tenaga kerja, jumlah produksi dan biaya produksi mempengaruhi pendapatan petani kentang Desa sumberbrantas. Serta keunggulan dari pertanian kentang Desa Sumberbrantas yang memiliki lahan yang subur memberikan dampak positif dalam meningkatkan pendapatan petani kentang sendiri. Untuk kelemahan yang dihadapi pertanian kentang Desa Sumberbrantas seperti kondisi alam, dan tingkat teknologi, sumber daya manusia, informasi yang kurang berpengaruh pada tingkat produktivitas. Peran pemerintah juga memberikan dampak bagi petani kentang yang dapat dilihat dari program-program yang dijalankan dalam peningkatan pendapatan petani kentang Desa Sumberbrantas.