SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Konsumsi Rumah Tangga Pengrajin Batik Tulis Di Kampung Batik Jetis Kecamatan Sidoarjo Kabupaten Sidoarjo

Lestari Yuniar Anggraeni

Abstrak


Anggraeni, Lestari Yuniar. 2017. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Tingkat Konsumsi Rumah Tangga Pengrajin Batik Tulis Di Kampung Batik Jetis Kecamatan Sidoarjo Kabupaten Sidoarjo. Skripsi. Jurusan Ekonomi Pembangunan. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Agus Sumanto, S.E., M.SA.

Kata Kunci: Pendapatan, tingkat pendidikan, jumlah anggota rumah tangga, konsumsi rumah tangga

Konsumsi rumah tangga merupakan suatu kegiatan ekonomi rumah tangga untuk memenuhi kebutuhan terhadap barang dan jasa yang akan dikonsumsi. Dimana pada setiap individu memiliki pola konsumsi yang berbeda-beda tergantung pada besarnya pendapatan setiap individu yang dimiliki untuk memenuhi kebutuhan konsumsinya. Dalam hal ini, kesejahteraan merupakan tujuan akhir dari proses pembangunan suatu daerah, pola konsumsi dan besarnya konsumsi rumah tangga menjadi tujuan tercapainya kesejahteraan pada suatu rumah tangga. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pendapatan, pendidikan serta jumlah anggota rumah tangga terhadap konsumsi rumah tangga pengrajin batik tulis di Kampung Batik Jetis Sidoarjo.

Data penelitian ini diperoleh dari data primer berupa kuisioner serta wawancara langsung dengan pihak yang terkait yaitu rumah tangga pengrajin batik tulis. Populasi dalam penelitian ini adalah rumah tangga pengrajin batik tulis. Sedangkan untuk pengambilan sampel dengan metode purposive sampling. Data yang telah terkumpul diolah dan dianalisis dengan metode regresi linear berganda menggunakan Software SPSS 16.0 for windows.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel jumlah pendapatan rumah tangga berpengaruh positif dan signifikan terhadap konsumsi rumah tangga. Variabel jumlah anggota rumah tangga berpengaruh positif signifikan terhadap pengeluaran konsumsi rumah tangga. Terakhir, variabel tingkat pendidikan pengrajin berpengaruh tidak signifikan terhadap konsumsi rumah tangga. Secara bersama-sama jumlah pendapatan, tingkat pendidikan, dan jumlah anggota rumah tangga berpengaruh signifikan terhadap Konsumsi Rumah Tangga.