SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

ANALISIS PENGARUH PROFITABILITAS DAN PRICE BOOK TO VALUEPERUSAHAAN PERBANKAN TERHADAP HARGA SAHAM SEKTOR PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2008 - 2015

Permadani Multazam Ayodya Indonesiana

Abstrak


ABSTRAK

 

Indonesiana, Permadani Multazam Ayodya. 2017. Analisis Pengaruh Profitabilitas dan Price Book To Value Perusahaan Perbankan Terhadap Harga Saham Sektor Perbankan yang Terdaftar di BEI  Periode 2008 – 2015. Skripsi. Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : Dr. Dwi Wulandari, S.E., M.M.

 

Kata Kunci: ROA, ROE, PBV, Signalling Theory, Harga Saham Perbankan

 

Sektor perbankan memiliki peran yang sangat penting terhadap laju pertumbuhan perekonomian suatu negara yang tidak akan lepas dari peran dan investasi para pemegang dana. Penentuan keputusan investor dalam menginvestasikan sahamnya dipengaruhi oleh berbagai informasi yang tersedia sehingga dapat mempengaruhi cara pandang investor terhadap prospek perusahaan. Sinyal yang berupa informasi tentang keadaan perusahaan diberikan didasarkan Teori Sinyal (Signaling Theory) yang menggaris bawahi bahwa informasi yang dikeluarkan oleh perusahaan akan memberikan sinyal berupa informasi untuk para investor dalam keputusan investasi

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh rasio profitabilitas yang di wakili variabel  Return On Asset (ROA),  Return On Equity (ROE) dan rasio pasar yang diwakili oleh Price Book To Value (PBV) terhadap harga saham pada perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2008-2015. Data yang digunakan adalah data sekunder. Populasi penelitian ini adalah perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2008-2015 sebanyak 48 perusahaan perbankan. Dengan metode purposive sampling diperoleh sampel sebanyak 6 perusahaan perbankan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, uji t, uji F, dan koefisien determinasi. Teknik tersebut digunakan untuk mengetahui pengaruh positif dan negatif variabel Return On Asset (ROA),  Return On Equity (ROE) dan Price Book To Value (PBV) terhadap harga saham.

 Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ROA dan PBV berpengaruh positif sehingga setiap kenaikan variabel akan menaikan harga saham dan ROE tidak berpengaruh positif sehingga setiap penurunan variabel akan menurunkan harga saham.