SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Pendidikan Ekonomi dalam Keluarga, Literasi Ekonomi dan Rasionalitas Ekonomi terhadap Perilaku Konsumsi Siswa Kelas XI SMA Laboratorium UM Tahun Ajaran 2017/2018

Sahnaz Intan Mardiana

Abstrak


ABSTRAK

 

Mardiana, Sahnaz Intan. 2017. Pengaruh Pendidikan Ekonomi dalam Keluarga, Literasi Ekonomi dan Rasionalitas Ekonomi terhadap Perilaku Konsumsi Siswa Kelas XI SMA Laboratorium UM Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Hari Wahyono M.Pd.

 

Kata Kunci: Pendidikan Ekonomi dalam Keluarga, Literasi Ekonomi, Rasionalitas Ekonomi, Siswa, Perilaku Konsumsi.

 

Ekonomi merupakan ilmu tentang perilaku dan tindakan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidup yang bervariasi dan berkembang. Pendidikan ekonomi dalam keluarga diharapkan mampu menjadi pondasi awal siswa untuk memilih alternatif konsumsi yang beragam, selain itu mata pelajaran ekonomi diharapkan mampu memberikan bekal pada siswa untuk memiliki kecakapan dibidang ekonomi. Siswa juga diharapkan memiliki rasionalitas ekonomi dalam berkonsumsi agar tidak menggunakan uang saku yang dimilikinya untuk membeli barang yang kurang bermanfaat bagi dirinya sendiri. Pendidikan ekonomi dalam keluarga, literasi ekonomi dan rasionalitas ekonomi sangat penting bagi siswa karena dapat mengefektifitaskan kegiatan konsumsi.

Variabel independen dalam penelitian ini adalah pendidikan ekonomi dalam keluarga (X1), literasi ekonomi (X2), rasionalitas ekonomi (X3) dan variabel dependen adalah perilaku konsumsi (Y). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel independent terhadap variabel dependen secara parsial dan secara simultan. Peneliti Memilih SMA Laboratorium UM sebagai lokasi penelitian dan menjadikan siswa kelas XI IPS sebagai sampel. Jumlah populasi adalah sebanyak 126 siswa, dalam pemilihan sampel menggunakan teknik random sampling. Penentuan jumlah sampel menggunakan rumus maksimum likelihood diperoleh sampel sebanyak 66 siswa. Pengumpulan data menggunakan data primer dengan penyebaran kuesioner dan tes. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan analisis data sebagai berikut: (1) Uji Validitas, (2) Uji Reliabilitas, (3) Analisis Data Statistik (4) Uji Regresi Berganda, (5) Uji Asumsi Klasik dan (6) Uji Hipotesis.

Hasil penelitian ini meunjukkan bahwa pendidikan ekonomi dalam keluarga, literasi ekonomi dan rasionalitas ekonomi mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan baik secara parsial maupun secara simultan terhadap perilaku konsumsi siswa.  Pengaruh simultan sebesar 65,2% sedangkan masing-masing variabel bebas menyumbang sebesar 31,23% (pendidikan ekonomi dalam keluarga), 16,32% (literasi ekonomi) dan 17,60 (rasionalitas ekonomi). Pendidikan ekonomi dalam keluarga mempunyai pengaruh yang dominan terhadap perilaku konsumsi siswa. Saran yang tuju peneliti dalam penelitian ini adalah: (1) Bagi orang tua, (2) Bagi Guru (3) Bagi sekolah dan (4) Bagi peneliti selanjutnya.