SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

ANALISIS MASALAH PENGELOLAAN KELAS DAN UPAYA GURU DALAM MENGATASI MASALAH PADA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN EKONOMI DI SMAN 1 PAGAK

Nurul Widayati

Abstrak


ABSTRAK

 

 

Widayati, Nurul. 2017. Analisis Masalah Pengelolaan Kelas dan Upaya Guru        dalam Mengatasi Masalah pada Pelaksanaan Pembelajaran Ekonomi di         SMA Negeri 1 Pagak. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi             Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. H. Agung Haryono, SE, M.P.Ak.

 

Kata Kunci: Masalah Pengelolaan Kelas, Upaya Guru dalam Mengatasi Masalah, Pembelajaran Ekonomi.

 

            Ketercpaian tujuan pembelajaran tidak lepas dari pengelolaan kelas yang baik. Demi mencapai kepentingan tersebut, seorang guru dituntut untuk mengelola kelas dengan baik. Dalam pelaksanaan pembelajaran sudah selayaknya seorang guru menginginkan pengelolaan kelas tanpa masalah tetapi dalam kenyataannya guru selaku pengelola kelas menerima masalah yang ditimbulkan oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk melihat permasalahan yang terjadi dalam pengelolaan kelas dan bagaimana upaya yang dilakukan oleh guru dalam mengatasinya.

            Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis fenomenologi (naturalistik). Penelitian ini berlokasi di SMA Negeri 1 Pagak. Informan dalam penelitian ini adalah tiga guru mata pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Pagak. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi dan wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini melalui beberapa tahapan yaitu reduksi data, display data, dan verifikasi data.

            Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa terdapat masalah pada tahap-tahap kegiatan pembelajaran Ekonomi. Permasalahan yang terjadi berupa perilaku tidak disiplin siswa yang ditunjukkan dengan banyaknya siswa yang masuk kelas terlambat, kesiapan siswa dalam mengikuti pelajaran masih kurang, ketidakpahaman siswa terhadap materi yang sedang dipelajari, banyak siswa yang menciptakan aktivitas sendiri, terkendalnya guru ketika merefleksi dan pengambilan keputusan, hal ini disebabkan oleh tingkat pemahaman siswa terhadap materi yang masih rendah. Adapun upaya yang dilakukan oleh guru dalam mengatasi masalah-masalah tersebut yaitu dengan memberikan teguran, peringatan, dan perintah kepada siswa untuk meminimalisir hingga menghilangkan permasalahan yang terjadi.

            Saran dalam penelitian ini adalah (1) Bagi guru sebaiknya menciptakan kegiatan pembelajaran yang menyenangkan sehingga tujuan pembelajaran tercapai dengan baik. (2) Bagi siswa hendaknya mulai membiasakan diri untuk belajar dengan baik, baik di sekolah maupun di luar sekolah sehingga tidak terjadi masalah seperti rendahnya pemahaman siswa terhadap pembelajaran. (3) Bagi sekolah hendaknya dapat memotivasi guru dalam mengelola kelas sehingga guru dapat meminimalkan masalah yang terjadi dan dapat mengantisipasi permasalahan yang bisa saja terjadi pada kegiatan pembelajaran.