SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Persepsi Siswa tentang Perhatian Orang Tua dan Kebiasaan Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI IPX SMAN 6 Malang

Intan Invariana Bahani

Abstrak


ABSTRAK

 

SMAN 6 Malang adalah sekolah menengah atas di Kota Malang. Berdasarkan hasil observasi awal penulis, didapati hasil bahwa nilai dikelas XI IPS masih tergolong rendah, bisa dilihat pada nilai ulangan tengah semester ganjil, pengerjaan PR yang masih dikerjakan disekolah, siswa yang tidak tinggal dengan orang tuanya sehingga mengakibatkan hasil belajar siswa kurang maksimal.

 

Berdasarkan hal tersebut, penulis tertarik untuk meneliti mengenai pengaruh persepsi siswa tentang perhatian orang tua dan kebiasaan belajar tentang pengaruhnya terhadap hasil belajar mata pelajaran Ekonomi pada siswa kelas XI IPS SMAN 6 Malang.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk (1) menjelaskan pengaruh persepsi siswa tentang perhatian orang tua terhadap hasil belajar mata pelajaran Ekonomi siswa kelas XI IPS SMAN 6 Malang, (2) menjelaskan pengaruh kebiasaan belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran Ekonomi siswa kelas XI IPS SMAN 6 Malang, (3) menjelaskan pengaruh persepsi siswa tentang perhatian orang tua dan kebiasaan belajar secara bersama-sama atau simultan terhadap hasil belajar mata pelajaran Ekonomi siswa kelas XI IPS SMAN 6 Malang.

Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linear berganda. Data pada penelitian ini diperoleh dari kuesioner dan dokumentasi. Populasi pada penelitian ini sebanyak 155 siswa dari lima kelas yang kemudian uleh penulis ditentukan sampel sebanyak 112 siswa.

Hasil yang diperoleh pada penelitian ini adalah : (1) Terdapat pengaruh antara persepsi siswa tentang perhatian orang tua terhadap hasil belajar mata pelajaran Ekonomi siswa kelas XI IPS SMAN 6 Malang, (2) Terdapat pengaruh antara kebiasaan belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran Ekonomi siswa kelas XI IPS SMAN 6 Malang, (3) Terdapat pengaruh antara persepsi siswa tentang perhatian orang tua dan kebiasaan belajar secara bersama-sama atau simultan terhadap hasil belajar mata pelajaran Ekonomi siswa kelas XI IPS SMAN 6 Malang.