SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Persepsi Nasabah tentang Tingkat Suku Bunga dan Periklanan terhadap Loyalitas Menabung Nasabah pada PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) TBK Cabang Kantor Kas Universitas Negeri Malang

Novian Ade Putra

Abstrak


 

ABSTRAK

 

Ade, Novian 2017. Pengaruh Persepsi Nasabah tentang Tingkat Suku Bunga dan Periklanan terhadap Loyalitas Menabung Nasabah pada PT Bank Rakyat Indonesia TBK Cabang Kantor Kas Universitas Negeri Malang. Skripsi. Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : Dr. Imam Muklis, S.E., M.Si.

 

Kata Kunci: Suku Bunga, Periklanan, Loyalitas Menabung, Nasabah, Bank.

 

Kebijakan suku bunga merupakan bagian dari kebijakan moneter untuk mempengaruhi tekanan inflasi dan dapat juga menggairahkan dunia usaha, karena dana yang terhimpun dapat disalurkan ke dalam kredit tinggat suku bunga yang rendah. Dengan meningkatnya tingkat suku bunga simpanan akan menarik nasabah untuk menyimpan dananya dibank. Dengan maraknya persaingan tersebut perusahaan perbankan harus menerapkan strategi dengan baik apabila nasabah ingin tertarik untuk memutuskan untuk menabung yaitu dengan memenuhi kebutuhan dan keingina nasabah.

Tujuan periklanan yang rill adalah mengadakan promosi secara efektif. Yang menjadi sasaran dalam periklanan adalah masyarakat atau pasar, jadi bukan hanya seorang individu. Banyak usaha yang dilakukan produsen untuk meningkatkan sikap loyalitas pada konsumennya, diantaranya adalah dengan memenuhi kebutuhan dan ketersediaan produk secara lengkap.

Peneliti memilih Bank BRI Cabang Kantor Kas Universitas Negeri Malang sebagai lokasi penelitian dan mengambil sampel dari nasabah yang menabung di PT Bank Rakyat Indonesia. Jumlah populasi adalah sebesar 9987 orang nasabah dan mengambil sampel menggunakan metode non probability sampling dengan teknik purposive sampling. Penentuan jumlah sampel menggunakan rumus Slovin sehingga diperoleh jumlah sampel sebanyak 100 orang nasabah. Pengumpulan data menggunakan data primer dengan penyebaran kuesioner. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan analisis data sebagai berikut: (1) Uji Validitas, (2) Uji Reliabilitas, (3) Uji Normalitas, (4) Uji Asumsi klasik, (5) Uji T, (6) Uji F, dan (7) Uji Koefisien Beta.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat suku bunga dan periklanan mempunyai pengaruh yang positif signifikan baik secara parsial maupun simultan. Tingkat periklanan mempunyai pengaruh yang paling kuat/ dominan. Penelitian inimemberikan saran kepada pihak bank untuk lebih meningkatkan kualitas periklanan dan juga pihak bank agar menjadi lebih terbuka kepada pihak yang membutuhkan informasi, dan kepada peneliti selanjutnya agar memperluas variabel dan indikator yang diteliti.