SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Pengelolaan Uang Saku Mahasiswa Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang

dwi wuri rahayu

Abstrak


ABSTRAK

 

Pengelolaan uang saku mahasiswa beragam, begitu pula dengan pendapatan diperoleh baik pendapatan dari orang tua maupun pendapatan dari penghasilan tambahan mahasiswa itu sendiri yang diatur untuk memenuhi kebutuhan baik kebutuhan primer maupun kebutuhan sekunder selama dia tinggal jauh dari orang tua/merantau. Ada yang dipengaruhi dari pengelolaan pendapatannya dan pemanfaatan uang saku yang digunakan. Dalam penelitian ini penulis menekankan pada pendapatan, pengelolaan uang saku, dan pemanfaatan uang saku mahasiswa.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara pengelolaan uang saku mahasiswa Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang yang menyebabkan konsumsi mahasiswanya dikatakan rasional dan tidak rasional. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Pengumpulan data yang dilakukan dengan cara observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi.

Dari penelitian ini diketahui bahwa pengelolaan uang saku mahasiswa Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang dikatakan mahasiswa rasional tidak selalu karena kurang atau lebihnya pendapatan. Informan yang umumnya bertindak rasional karena adanya pembelajaran yang diperoleh dari kegiatan konsumsinya. Dengan bertindak rasional bukan berarti mahasiswa mengesampingkan kebutuhan sekundernya. Sebagian mahasiswa rasional yang dijadikan informan melakukan kegiatan konsumsi dengan memadukan kebutuhan primer dan sekunder secara proporsional. Informan tidak hanya menghabiskan pendapatannya untuk keperluan makan, keperluan kuliah, serta kebutuhan sehari-hari (keperluan wanita) akan tetapi juga dihabiskan untuk keperluan hiburan seperti belanja, kuliner bersama teman-teman. Hal ini yang membuat pendapatan mahasiswa tetap terkontrol disisi lain tetap dapat memaksimalkan kepuasan.

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, penulis memberi saran agar supaya mahasiswa bisa melakukan konsumsi secara rasional dengan berkonsumsi secara proporsional, tidak hanya menggunakan uang sakunya untuk kebutuhan primer tetapi juga menggunakan uang sakunya untuk kebutuhan sekunder.