SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Kontribusi Usaha Ternak Ayam Ras Terhadap Penyerapan Tenaga Kerja (Studi Kasus Sentra Peternakan Ayam Ras Petelur di Desa Kebonduren Kecamatan Ponggok).

Nuning Yanuar.

Abstrak


ABSTRAK

 

Yanuar, Nuning. 2017. Analisis Kontribusi Usaha Ternak Ayam Ras Terhadap Penyerapan Tenaga Kerja (Studi Kasus Sentra Peternakan Ayam Ras Petelur di Desa Kebonduren Kecamatan Ponggok). Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Imam Mukhlis, S.E., M.Si (II) Dr. Grisvia Agustin, M.Sc.

 

Kata Kunci: Ayam ras petelur, Penyerapan tenaga kerja, Faktor pendorong kemajuan

Ayam ras petelur adalah salah satu jenis ternak unggas yang sangat populer dikembangkan di kalangan masyarakat yang berada di sektor pertanian. Sektor pertanian merupakan sektor yang memiliki kontribusi cukup besar terhadap PDRB Kabupaten Blitar. Pada tahun 2010 sebagai potensi unggulan, produksi telur Kabupaten Blitar mampu memenuhi 70 persen dari kebutuhan telur di Jawa Timur dan memenuhi 30 persen dari kebutuhan telur ayam Nasional. Usaha peternakan tidak lepas dari peran serta tenaga kerja pengelola. Dengan banyaknya jumlah usaha peternakan di Kabupaten Blitar akan semakin banyak pula tenaga kerja yang dibutuhkan dalam aktifitas peternakan tersebut. Penelitian ini dilaksanakan untuk menganalisis: (1) Apa yang menjadi faktor pendorong kemajuan usaha ternak ayam ras petelur di Desa Kebonduren Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar (2) Bagaimana dampak kegiatan usaha ternak ayam ras petelur di Desa Kebonduren Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar terhadap penyerapan tenaga kerja masyarakat sekitar.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling  dengan wawancara langsung yang melibatkan 8 responden yang terdiri dari 1 perangkat desa, 4 peternak dari skala kecil, sedang dan besar serta 3 tenaga kerja . Para responden dipilih dari populasi 335 orang di 3 dusun pada Kecamatan Ponggok yaitu Kebonduren, Termas dan Subontoro.

 

Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dan positif dari usaha peternakan ayam ras petelur terhadap penyerapan tenaga kerja di Desa Kebonduren Kecamatan Ponggok. Sementara faktor pendorong kemajuan usaha ternak ayam ras yaitu iklim yang panas dan jenis kebutuhan pasir khusus di Desa Kebonduren yang menyebabkan kotoran ayam tidak berbau, cara perawatan ayam yang mudah, adanya bahan pakan ayam murah dan mudah didapat, dan pemasaran telur mudah. Sementara faktor penghambat kemajuan peternakan ayam ras petelur Desa Kebonduren yaitu adanya batas pengepul tertentu yang membeli telur, banyaknya pesaing yang menggeluti di bidang yang sama dalam satu desa, serta peran pemerintah yang kurang maksimal. Selain itu diketahui dampak positif adanya peternakan ayam ras petelur adalah meningkatnya penghasilsn peternak dan tenaga kerja, sementara dampak negatif yang ditimbulkan adalah tingkat pendidikan masyarakat rendah dan rasa kebersamaan masyarakat menjadi semakin berkurang.