SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Pelaku UMKM Terhadap Keputusan Pembiayaan Kredit Usaha Rakyat (KUR) pada PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Unit Turi Lamongan (Studi Terhadap UMKM di Desa Geger Kecamatan Turi Kabupaten Lamongan)

Khoirotun Nisa'

Abstrak


ABSTRAK

 

Nisa, Khoirotun. 2017. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Pelaku UMKM Terhadap Keputusan Pembiayaan Kredit Usaha Rakyat (KUR) pada PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Unit Turi Lamongan (Studi Terhadap UMKM di Desa Geger Kecamatan Turi Kabupaten Lamongan).Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Sugeng Hadi Utomo, M. Ec.

 

Kata Kunci: Minat, Usaha Mikro, UMKM, KUR

Kredit Usaha Rakyat (KUR) merupakan kredit atau pembiayaan modal kerja dan/atau investasi kepada debitur usaha yang produktif dan layak, namun belum memiliki agunan tambahan atau agunan tambahan belum cukup. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi minat pelaku UMKM di Desa Geger Kecamatan Turi Kabupaten Lamongan terhadap pembiayaan KUR.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kegiatan analisis data dimulai dari reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Untuk pengujian keabsahan data maka dilakukan uji credibility, transferbility, dan dependenbility. Untuk tahap penelitiannya adalah tahap persiapan dan tahap pelaksanaan.

Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi minat pelaku UMKM di wilayah Desa Geger Kecamatan Turi Kabupaten Lamongan terhadap program Kredit Usaha Rakyat (KUR) adalah sebagai berikut: Pertama faktor persepsi pelaku UMKM terhadap KUR meliputi pemahaman yang cukup baik untuk membantu pengambilan keputusan terhadap pengambilan KUR. Kedua,faktor intenal dari Bank BRI meliputi: persyaratan yang mudah dipenuhi untuk mengajukan KUR, bunga dan angsuran KUR rendah, lokasi Bank dan ATM BRI yang mudah dijangkau dan dijumpai,dorongan pelaku UMKM untuk memenuhi kebutuhan produksi.

 

Pelaku UMKM di Desa Geger Kecamatan Turi Kabupaten Lamongan berminat terhadap program Kredit Usaha Rakyat (KUR di Bank BRI karema pelaku UMKM merasa bahwa dengan adanya program tersebut dapat terbantu dalam hal pemenuhan kebutuhan produksinya maupun alat-alat yang dibutuhkan dalam proses produksi.